Uji Penembakan Rudal Balistik AS Berakhir Gagal

Di tengah ancaman Korea Utara yang mungkin meluncurkan rudal, upaya terakhir Amerika Serikat untuk menguji kemampuan menembak jatuh rudal balistik gagal mencapai target pada Rabu (21/6) malam, seperti disampaikan Badan Pertahanan Rudal AS.

Sebuah rudal balistik jarak menengah diluncurkan dari lokasi penembakan di Hawaii pukul 07.20 malam waktu setempat. Namun rudal pencegat yang ditembakkan ke laut dari USS John Paul Jones, guided-missile destroyer, tidak mencapai sasaran. 

“Pencegatan yang direncanakan tidak tercapai,” bunyi pernyataan tersebut.

Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan kepada media, rudal balistik dan rudal pencegat SM-3 yang ditembakkan dari kapal perang mendarat di laut. Kedua rudal ini tidak ditemukan setelah keduanya menghantam air.

Peluncuran Rabu itu merupakan upaya kedua menembak jatuh sebuah rudal balistik dari kapal perang Angkatan Laut AS sejak Februari. Tes pertama berhasil, namun tes terakhir ini gagal setelah kehilangan target karena alasan yang tidak dijelaskan.

Akhir bulan lalu dalam uji coba pertama, militer AS berhasil menembak jatuh rudal balistik antarbenua di luar angkasa menggunakan rudal pencegat yang diluncurkan dari Pangkalan Udara Vandenberg di Kalifornia.

Pentagon saat ini juga harus mencari alternatif baru mempertahankan diri terhadap ancaman rudal Korea Utara, karena salah satu kapal pertahanan rudal balistik miliknya, USS Fitzgerald,  bertabrakan dengan kapal kargo di Jepang.

Jadi, jangan kecewa ketika sebuah latihan berbuah gagal. Karena sekelas militer AS saja tak lepas dari momok gagal dalam uji coba penembakan. Meski demikian, persiapan dan pemeliharaan tetap harus maksimal.

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: