Jerman dan Norwegia Akhirnya jadi Pengguna Airbus A330 MRTT

Sudah sebuah keniscayaan saat ini mengoperasikan pesawat berkemampuan pengisian bahan bakar di udara. Karena dengan pesawat versi ini, pesawat tempur mempunyai waktu lebih banyak untuk berada di udara guna menuntaskan misinya.

Karena itu, seperti rilis yang mylesat.com terima dari Airbus, Jerman dan Norwegia akhirnya bergabung dengan negara Eropa lainnya yang tergabung dalam NATO, mengakuisisi Airbus A330 MRTT (Multi-Role Tanker Transport) bersama Belanda dan Luksemburg.

Komitmen kedua negara untuk berpartisipasi dalam proyek MRTT, diteken dalam sebuah MoU (Memorandum of Understanding) di markas NATO di Brussels (29/6).

Dikenal sebagai Multinational Multi-Role Tanker Transport Fleet (MMF), program ini digagas oleh European Defence Agency (EDA) tahun 2012.

Program ini didanai oleh 4 negara yang akajn memiliki hak eksklusif untuk menggunakan pesawat yang dimiliki NATO yang beroperasi dalam pooling arrangement.

MMF dikonfigurasi untuk in-flight refuelling, angkut penumpang dan kargo, dan evakuasi medis.

Dua pesawat pertama sudah dipesan yang dikembangkan dari pesawat tanker yang dikonversi Airbus Defence and Space’s di Getafe dekat Madrid tahun 2020 mendatang. Lima pesawat tambahan akan dipesan, dan pesanan akan termasuk opsi 4 pesawat lagi.

“MRTT A330 telah meneguhkan dirinya sebagai pesawat tanker utama di dunia. Dan sekarang sangat memuaskan melihatnya diadopsi sebagai aset inti dari salah satu program kerjasama pertahanan yang paling penting di Eropa. Kami berharap pendekatan kolaboratif ini akan menjadi model untuk pengadaan bersama di masa depan,” ujar Kepala urusan Pesawat Militer Airbus Defence And Space, Fernando Alonso.

Total sudah 51 pesawat dipesan dengan 28 MRTT sudah dikirim terhitung November 2016.

Singapura yang tertarik dan kemudian memesan A330-200 MRTT pada Februari 2014, untuk menggantikan 4 Boeing KC-135. Di Singapura, KC-36 harus mengalah kepada MRTT.

Kontrak untuk 6 pesawat diumumkan Airbus pada 7 Februari 2014. MRTT Singapura akan menggunakan mesin Trent 772B dan pesawta akan dikirim pada 2018.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: