Telnyashka, Portofolio Tradisi Pakaian Militer Rusia

Jika anda ingin mengupas Rusia, yakinlah tidak akan pernah kelar. Negara denan tradisi militer yang kuat dan panjang ini, memiliki segudang bahan untuk dikupas. Salah satunya Telnyashka.

Telnyashka atau biasa disebut Tely, merupakan salah satu ikon paling terkenal dalam budaya militer Uni Soviet yang kini bersalin rupa menjadi Rusia.

Pakaian bergaris ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam sejarah panjang angkatan bersenjata negeri beruang merah.

Telnyashka digunakan oleh pasukan elite VDV atau airborne troop, angkatan laut atau Morskya Pekhoty, dan pasukan perbatasan Rusia. Telnyashka wajib digunakan selama di barak maupun ketika pasukan dikirim ke medan tempur.

Penggunaan Telnyashka pertama kali digagas oleh Tsar Alexander Ke-2 pada tahun 1874 untuk kebutuhan angkatan laut. Namun beberapa sumber mengatakan sejarah Telnyashka lebih panjang dari itu, mengingat pada abad 13 dimana penggunaan Telnyashka untuk memudahkan awak kapal terlihat ketika terjatuh ke laut atau ketika memasang layar kapal, sudah digunakan.

Uniknya, kebudayaan penggunaan Telnyashka tidak hanya ada di Rusia. Sejumlah pelaut Perancis, Inggris, dan Spanyol juga menggunakan Telnyashka.

Sejarah juga mencatat bahwa kelahiran Telnyashka berasal dari para pelaut Belanda yang berlayar menuju Rusia.

Kembali kepada penggunaan Telnyashka di angkatan bersenjata Rusia, VDV tercatat sebagai korps yang mempopulerkan penggunaan Telnyashka.

Jenderal Vasily Margelov sebagai inisiator penggunaan Telnyashka di VDV, saat korps ini tengah berlatih terjun di laut tahun 1959.

Telnyashka pun terbagi atas 2 jenis, berbentuk kaos kutang dan lengan panjang. Kaos kutang digunakan saat musim panas, dan lengan panjang digunakan ketika musim dingin.

Telnyashka pun memiliki beragam warna, biru muda untuk VDV, biru tua untuk Marinir, hitam untuk kru kapal selam, dan hijau untuk pasukan penjaga perbatasan.

Namun kini penggunaan Telnyashka mulai berkurang mengingat saat ini pasukan Rusia mulai menggunakan Ratnik system. Telnyashka tidak digunakan lagi, dan hanya digunakan ketika di barak ataupun saat berparade.

 

Teks: j. nugroho

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: