Penerbangan

Ini 3 Bahaya Pengoperasian Balon Udara Tanpa Izin

Seperti pernah terjadi tahun-tahun sebelumnya, penerbangan balon udara di sejumlah wilayah di Jawa Tengah pada saat lebaran Idul Fitri lalu, kembali membahayakan lalu lintas penerbangan di atasnya.

Memang, di beberapa wilayah Jawa Tengah ada tradisi melepas balon menyambut Idul Fitri. Namun di sisi lain, tradisi ini telah menimbulkan kekhawatiran luas di kalangan penerbangana.

Tak heran pihak AirNav menerbitkan notice to airman (notam) kepada para penerbang yang melintasi wilayah Jawa Tengah agar lebih berhati-hati.

Terkait hal itu, menurut Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Imran Baidirus, setidaknya tidak ada 3 hal terkait bahaya balon udara tanpa awak.

Pertama, balon udara bisa terisap mesin pesawat dan berakibat mesin pesawat mati, terbakar atau meledak.

Kedua, apabila tersangkut di sayap dan ekor akan dapat mengganggu flight control gerak pesawat seperti elevator, rudder dan aileron.

Ketiga, balon udara dapat menutupi bagian depan pesawat yang menyebabkan pandangan pilot terganggu dan menutupi lubang pitot tube, sehingga berakibat informasi ketinggian dan kecepatan pesawat tidak akurat lagi dan pilot akan sulit untuk mendaratkan pesawat.

Jadi bagi Anda yang tetap ingin menerbangkan balon udara, sebaiknya bersikap lebih bijak karena menyangkut keselamatan penerbangan. Ratusan nyawa bisa melayang jika pesawat jatuh.

 

Teks: beny adrian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close