Unik, Begini Gaya Tentara Rusia Simpan Torniket

Tourniquet atau biasa disebut torniket, merupakan sebuah alat medis lapangan yang biasa digunakan untuk menghentikan pendarahan sementara dengan cara mengikatkannya menggunakan tali ataupun peralatan khusus.

Torniket harus dipasang di atas bagian yang mengeluarkan darah, agar aliran pendarahan berhenti keluar pada bagian yang luka.

Sejumlah tentara atau petugas medis tempur sangat mengenal benda ini, berbentuk kecil, mudah dibawa dan digunakan. Uni Soviet yang kini bersalin rupa menjadi Federasi Rusia melengkapi seluruh tentaranya dengan torniket sebagai alat medis lapangan yang paling dasar. Tentara Rusia biasa menyebut torniket dengan istilah Zhugut, berwarna pink dan berbentuk memanjang.

Torniket milik tentara Rusia.

Para prajurit Rusia sudah menggunakan Zhugut sejak era 1950-an dan menjadi sebuah tradisi tentara Rusia meletakan Zhugut pada bagian popor AK74, tidak lupa diselipkan perban atau military dressing.

Melilitkan torniket pada bagian popor senjata menjadi praktik jamak saat Uni Soviet bertempur di wilayah Afghanistan.

Perhatikan torniket melilit di popor senapan prajurit ini. .

Ribuan prajurit terselamatkan nyawanya oleh benda panjang ini, dan hingga kini sejumlah tentara Rusia masih terlihat menggunakan Zhugut, saat bertempur melawan milisi ISIS di Suriah.

Zhugut kini mulai tergusur sejak pemerintah Rusia “menstandarisasi” peralatan tentara Rusia. Zhugut yang memiliki bentuk sangat unik ini akan digantikan dengan torniket modern seperti digunakan tentara NATO.

 

Teks: j. nugroho

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: