Tak Hanya Menjaga Perbatasan di Papua, Anggota Yonif PR 432 Kostrad Juga Berikan Penyuluhan

 

Menjadi prajurit TNI itu adalah pengabdian, dalam arti yang sesungguhnya. Dalam penugasan seperti apapun, tidak hanya menjaga keamanan, prajurit TNI juga dikenal sigap melaksanakan berbagai bentuk aktivitas pelayanan kepada masyarakat.

Seperti prajurit Satgas Yonif Para Raider 432 Kostrad yang tengah melaksanakan tugas pengamanan daerah perbatasan di Papua, memberikan pelayanan kesehatan dan penyuluhan hukum kepada masyarakat di kampung Mosso, Jayapura, Papua (7/7).

Tim bakti sosial ini dipimpin oleh Lettu Ckm Aras dan Letda Chk Sri Purwanto. Saat penyuluhan, mereka didampingi oleh komandan pos Moso Pelda Iwan.

Kegiatan penyuluhan ini adalah bentuk kepedulian Satgas TNI yang ada di wilayah. “Dengan mendapat penyuluhan yang sifatnya untuk kesehatan dan kemanusiaan, tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat di sini,” terang Pelda Iwan.

Penyuluhan kesehatan dan hukum dilaksanakan di Balai Kampung Mosso dan dihadiri Kepala Kampung Agus Wepapoa dan tetua adat Carles Wepapoa.

Dalam penyuluhan kesehatan, Lettu Ckm Aras menghimbau masyarakat Mosso khususnya dan masyarakat perbatasan pada umumnya untuk bisa menjaga kesehatan, terutama untuk tidak melakukan penyalahgunaan narkoba dan minuman keras, zat adiktif lainya serta perilaku seks bebas agar terhindar dari penyakit menular HIV dan AIDS.

Pada sesi berikutnya, Perwira Hukum (Pakum) Satgas Yonif PR 432 Kostrad Letda Chk Sri Purwanto, SH memberikan penyuluhan hukum terkait penyalahgunaan narkoba, dibahas tentang sanksi hukum bagi yang menyalahgunakannya baik pengedar, pengguna maupun bandar yang diancam hukuman sampai seumur hidup dan hukuman mati.

Masyarakat sangat antusias mengikuti penyuluhan. Suasana penuh kekeluargaan sampai acara selesai.

Menurut Kepala Kampung Mosso, Agus, masyarakat Mosso sangat berterimakasih kepada TNI dari Satgas Yonif PR 432 Kostrad yang telah memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakatnya.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: