Bergabung dengan Program Next Generation Jammer, Growler Australia akan Makin Pintar

Australia selangkah lagi akan mencapai kesepakatan untuk bergabung dengan program AN/ALQ-249 Next Generation Jammer-Medium Band (NGJ-MB) Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS).

Program ini bertujuan untuk mencari kemampuan serang elektronik pada platform baru EA-18G Growler.

Naval Air Systems Command (NAVAIR) mengonfirmasi pada 5 Juli bahwa perwakilan dari Kemenhan Australia tengah bernegosiasi dengan NAVAIR’s Airborne Electronic Attack Systems, EA-6B Program Office (PMA-234), dan Navy International Programs Office (Navy IPO) untuk datang ke pengembangan NGC-MB yang sebelumnya dikenal sebagai NGJ Increment 1.

Spesifikasi umum EA/18G Growler. Foto: airforce.gov.au

Angkatan Udara Australia (RAAF) memperoleh 12 pesawat serang elektronik EA-18G Growler di bawa Project Air 5349 Phase 3, dengan kemampuan operasi direncanakan diperoleh pada pertengahan 2018. Pesawat akan berdinas dengan sistem tactical jamming AN/ALQ-99 yang sama dengan yang melengkapi EA-18G Growler AL AS.

Raytheon Space and Airborne Systems menerima kontrak 1 miliar dolar AS oleh PMA-234 pada April 2016 untuk rekayasa dan pengembangan pembangunan tabung serang elektronik NGJ-MB sebagai pengganti ALQ-99 mulai 2021.

Saat ini 12 EA-18G Growler ditempatkan di RAAF Base Amberley dan beroperasi bersama kekuatan udara, darat dan laut.

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: