Lion Group Pakai B737 MAX, Rusdi Kirana: Hampir 90.000 Liter Hematnya per Bulan

Boeing 737 MAX 8 diserahterimakan kepada Malindo Air sebagai launch customer dan yang pertama menerbangkannya di dunia. Peluncuran penerbangan perdana komersial Boeing 737 MAX-8 oleh Malindo Air dilakukan di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) 2, pada 22 Mei lalu.

Sementara pesaingnya, Airbus A320neo, sudah diterbangkan komersial oleh Lufthansa sebagai launch customer pada Januari 2016.

Boeing berupaya mengejar Airbus untuk pasar pesawat narrow-body lorong tunggal (single aisle) yang paling laris di dunia, di samping adanya beberapa pesaing lain. Untuk MAX, Lion Air Group menggenggamnya dengan menjadi launch customer MAX 9 untuk Lion Air tahun 2018.

Pada saat peluncuran, tokoh kunci di balik sukses Lion Group, Rusdi Kirana, hadir di KLIA. “Saya diundang sebagai tamu,” katanya tersenyum. Sebagai pendiri atau co-founder Lion Air Group, sebenarnya ia dipastikan hadir pada acara yang membanggakan grup maskapai penerbangan yang didirikan tahun 1999 itu.

Usai meninjau pesawat pertama yang gres dari pabrik Boeing itu, Duta Besar RI untuk Malaysia yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta pada 18 Mei lalu itu menyempatkan menjawab pertanyaan wartawan Indonesia.

Berapa jumlah Boeing 737 MAX yang akan datang tahun ini?

Tahun ini Boeing 737 MAX-8 ada empat di Malaysia untuk Malindo Air dan empat di Indonesia untuk Lion Air. Tahun depan MAX-9 akan datang. Ada 17 (pesawat) yang akan datang. Lion Air akan menjadi airline pertama memakai di dunia. Jadi, untuk MAX-8 saya kasih customer launch untuk Malindo Air dan MAX-9 untuk Lion Air.

Tahun depan, 17 pesawat akan datang itu untuk siapa saja?

Yang 17 pesawat itu akan dibagi ke ThaiLion Air dan Batik Air, selain untuk Lion Air. Juni nanti, Batik akan terbang ke Perth (Australia) satu hari dua kali. Batik juga (terbang) ke Chenai (India)-Kuala Lumpur-Denpasar (Bali).

Lion Air akan menggunakan MAX untuk rute mana?

MAX akan digunakan Lion Air untuk rute domestik dan internasional. Yang datang tahun ini dipakai untuk internasional dulu, ke China. Juli nanti Lion pakai MAX-8 akan terbang Bali-Shanghai sama Manado-Shanghai.

Kenapa Lion Air Group jadi launch customers?

Karena waktu beli, yang ditandatangani Presiden Obama, kami yang pertama beli. Yang kedua, dipakai Norwegian Air kemudian Southwest. (Pada 18 November 2011, Lion Air dan Boeing Co menandatangani kesepakatan pembelian 201 pesawat Boeing 737 MAX dan 29 Boeing 737-900ERs Next Generation senilai 21,7 miliar dolar AS, yang disaksikan Presiden AS Barrack Obama, di Bali).

Berapa sebenarnya penghematan yang bisa diperoleh Lion Air Group dengan menggunakan Boeing 737 MAX?

Hemat bahan bakar 8 persen. Kalau bicara NG (Boeing 737 Next Generation atau seri 800 dan 900), satu jam terbang 3.500 liter. Kalau dikurangi 8 persennya, berarti kurang 280 liter per jam. Itu pesawat per bulan dipakai 300 jam. Dengan kata lain, hampir 90.000 (84.000) liter hematnya per bulan. Penghematan itu bisa mengurangi harga tiket.

Berapa Lion Air Group memesan Boeing 737 MAX?

Kami pesan 200 MAX dengan komposisi 70 persen MAX-8 dan 30 persen MAX-9.

Kenapa Malindo Air menjadi Batik Malaysia?

Malindo dan Batik itu integrated. Malindo terbang Kuala Lumpur-Bali-Melbourne, kalau Batik dari Jakarta. Paketnya susah kalau namanya beda. Kalau namanya sama, kita buka web, keluar karena namanya sama. Walaupun namanya sama, operasinya beda dengan masing-masing manajemen.

Bagaimana sinergi Batik Malaysia dengan Batik Air?

Sinerginya untuk komersial, promosi, dan interline. Anda akan terbang ke Hong Kong; dari Jakarta Pakai Batik Air ke Kuala Lumpur dan dari Kuala Lumpur ke Hong Hong Kong pakai Batik Malaysia. Yang dari Malaysia akan ke Bali bisa naik Batik Malaysia, dari Bali ke Perth naik Batik Air. Website dibikin sama. Harapannya, bisa membangun network lebih besar untuk memudahkan penumpang dalam bepergian.

 

Teks: reni rohmawati

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: