Asiknya Nobar Dunkrik Taruna AAU Bersama KSAU dan Ibu Nanny Hadi Tjahjanto

Lazimnya seorang ibu yang mencintai anak-anaknya, perhatian diberikan semaksimal mungkin meski kesibukan sang ibu tak pernah henti. Tiada yang diinginkan sang ibu dari anak-anaknya, selain melihat mereka sukses dalam kehidupan kelak.

Kedekatan dan kehangatan seorang ibu terbukti berpengaruh besar dalam perkembangan watak seorang manusia.

Peran itulah yang ditunjukkan Nanny Hadi Tjahjanto sebagai Ibu Taruna/Taruni Akademi Angkatan Udara (AAU). Di tengah kesibukannya mendampingi suami yang merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Ibu Nanny masih menyempatkan diri mengikuti nonton bareng (nobar) bersama taruna-taruni AAU di bioskop XXI, Yogyakarta, Minggu (30/7/2017).

KSAU dan Ibu Nanny Hadi Tjahjanto saat nobar Dunkirk. Foto: Serda Rizky

Ratusan taruna-taruni mengikuti acara nobar ini.

Film yang ditonton pun sangat kental berbau dirgantara, yaitu Dunkirk yang baru saja dirilis. Film ini mengisahkan perjuangan pasukan Inggris untuk dievakuasi dari wilayah Perancis, persisnya di daerah pantai Dunkirk, setelah terdesak oleh Nazi Jerman.

Aksi detail pesawat tempur Spitfire milik Inggris plus dialog para penerbang di udara, semestinya menjadi pelajaran tambahan bagi Taruna-Taruni AAU yang kelak akan mengawaki pesawat TNI AU.

Sebelum film dimulai, baik Ibu Nanny maupun Hadi Tjahjanto terlihat aktif mencairkan suasana kaku bersama taruna taruni.

Marsekal Hadi terdengar beberapa kali menyebut dan memanggil nama-nama taruna yang dikenalnya. Salah seorang di antaranya malah diminta untuk duduk di samping KSAU. Canda tawa ringan mengalir spontan dari KSAU dan Ibu Nanny. Namun tetap saja para taruna taruni duduk dalam posisi siap.

Wajarlah, sebagai taruna-taruni yang masih belia tentu ada rasa takut dan stres saat harus berdekatan dengan KSAU dan Ibu.

Sikap rapi dan disiplin, sudah menjadi jati diri seorang taruna. Foto: Serda Rizky

Lihat saja gaya duduk mereka, tetap dalam posisi siap namun berusaha untuk rileks. Tatapan lurus ke depan dengan punggung tegak.

Itulah salah satu bentuk kedisiplinan dalam lingkungan militer yang luar biasa.

Nanny Hadi Tjahjanto dilantik sebagai Ibu Taruna-Taruni Akademi Angkatan Udara di Ksatrian AAU Yogyakarta, pada Kamis (26/1/2017), tak lama setelah pelantikan Hadi Tjahjanto sebagai KSAU.

Pengukuhan ditandai dengan pengalungan Medali Ibu Taruna oleh Dankorptar Sermatutar Dewangga Satria Reksa Dewantara, juga penyerahan Stick Penata Rama Drumband  AAU Gira Dirgantara dari Ny. Bryantira Agus Supriatna kepada Ny. Nanny Hadi Tjahjanto.

Film pun diputar dalam suasana studio yang sejuk dan temaram. Secangkir popcorn dan minuman dingin tersedia di setiap kursi. Terpaan angin dingin sepoi-sepoi dari pendingin ruangan seperti belaian seorang ibu kepada anaknya.

Usapan lembut itu terus dan terus mengelus wajah mereka, membuat beberapa taruna tak kuasa melawannya. Mereka pun akhirnya tertidur pulas…..

“Begitulah taruna, kalau ada kesempatan tidur, mereka akan memilih untuk tidur,” ujar Hadi tersenyum.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: