Sayyad-3, Rudal Terbaru Iran dengan Jangkauan 120 Kilometer

Iran secara resmi memulai produksi rudal jarak jauh permukaan ke udara Sayyad-3. Peresmian dipimpin sendiri oleh Menhan Iran, Hossein Dehghan pada 22 Juli lalu. Dalam prosesnya dinyatakan bahwa Sayyad-3 akan digunakan oleh sistem pertahanan udara Talash-2 yang belum diresmikan.

Sayyad-3 telah ditampilkan sebelumnya dalam parade, namun upacara peresmian jalur produksi ini mendorong Kementerian Pertahanan Iran untuk merilis gambar rudal berkualitas tinggi pertama yang tampaknya merupakan pengembangan Sayyad-2 namun seluruhnya baru.

Rudal serupa yang ditampilkan November 2013, yaitu Sayyad-2 terlihat seperti rudal permukaan ke udara RIM-66 (SM-1) yang diperoleh Iran dari Amerika Serikat tahun 1970-an. Rudal ini diluncurkan dari tabung, empat di antaranya bisa dipasang di peluncur yang terpasang di kendaraan.

Sayyad-3 tampaknya menjadi Sayyad-2 dengan desain ulang kemampuannya seperti sirip kontrol dan unit pemandu di ekor rudal. Tabungnya terlihat sama dengan yang digunakan Sayyad-2, menunjukkan kedua rudal berukuran hampir sama.

Tidak ada angka kisaran kemampuan Sayyad-2 yang telah dirilis, namun digambarkan sebagai rudal jarak menengah dengan kemampuan terbang sangat tinggi.

Sayyad-3 disiapkan sebagai penangkal jarak jauh, yang oleh Dehghan dikatakan bahwa rudal ini memiliki jangkauan maksimum 120 km dan ketinggian maksimum 27 km.

Deghan menambahkan bahwa rudal menggunakan gabungan radar aktif, radar semiaktif, dan sistem pemandu inframerah yang memungkinkannya menyasar berbagai jenis sasaran, termasuk pesawat siluman, dan menghadapi semua jenis peperangan elektronik.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: