Rusia Kembangkan Sistem Futuristik untuk Pengujian Virtual Pesawat Militer

Rusia sedang mencari jalan untuk mengganti tes penerbangan (real time) pesawat militer yang terbilang masih menguras biaya dengan deras, untuk beralih ke sistem pengujian yang murah serta berbasis virtual. Hal itu diungkapkan Boris Satovsky, Project Manager Prospective Research Fund (FPI) seperti dikutip sputniknews.

Ia menjelaskan, saat ini FPI sedang mengembangkan kode program untuk peragaan visual computer yang memiliki berbagai objek yang memiliki kecepatan tinggi seperti modul pendaratan generasi terbaru dan berbagai jenis pesawat masa depan.

“Kami sedang mengerjakan sebuah fasilitas berbasis perangkat lunak yang mampu melakukan pengujian virtual untuk semua Janis objek terbang,” tutur Boris, Sabtu (12/8/2017).

Untuk mewujudkannya, jelas Boris, kami saat ini memiliki sejumlah lembga penelitian dan biro desain yang bekerja sama dengan calon pelanggan yang mengambil bagian dalam pengembangan perangkat uji virtual tersebut.

Ia menambahkan, hingga kini tes penerbangan secara real time dari pesawat baru yang dikembangkan sangat menguras biaya operasional, baik dari segi peralatan uji di yang ada di darat maupun uji penerbangan yang kerap menjadi penyebab utama hilangnya pesawat uji.

Atas dasar hal tersebut, pengembangan yang sedang dilakukan secara bertahap inilah yang di kemudian hari akan menggantikan uji penerbangan dari sistem real time ke sistem virtual.

Boris mengatakan bahwa kode komputer tersebut dibutuhkan dalam proyek pengembangan yang saat ini masih berjalan. Saat ini pun sedang dilakukan pengujian terhadap jenis pesawat yang ada.

Saat diterapkan, sistem baru tersebut akan secara otomatis mempercepat proyek pengembangan pesawat udara maupun pesawat luar angkasa serta akan memangkas biaya riset, pengujian hingga produksi.

 

Teks: fery setiawan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: