Rusia Tambah Armada Pesawat Berkemampuan Jammer

Rusia mempertontonkan untuk pertama kali pesawat misi khusus baru Ilyushin Il-22PP Porubshchik. Pesawat yang bertindak sebagai escort jammer ini ditampilkan dalam gelaran peringatan ke-105 AU Rusia di Kubinka pada 12 Agustus 2017.

Il-22P adalah pesawat berkemampuan intelijen sinyal (SIGINT) dan wahan jamming yang dibuat dengan mengkonversi Il-22 Coot-B, yang merupakan pesawat komando dan dikembangkan dari Ilyushin Il-18D.

Sementara Il-22PP mempertahankan badan pesawat dan pembangkit listrik Il-22, pesawat ini sekarang memiliki 4 kubah besar yang simetris di kedua sisi badan pesawat.

Kubah ini berisi antena sistem tangkal elektronik L-415 (ECM) buatan KNIRTI dari institut Kaluga. Antena lain dipasang di ekor, sementara antena selanjutnya di bawah badan pesawat.

Sebuah pod permanen terpasang di bawah badan pesawat berisi 16 pelontar chaffe/flare ukuran 26mm untuk pertahanan diri. Juga masih ada peluncur berisi 14 peluru 50mm di bawah pesawat.

Pesawat Porubshchik memiliki livery menyerupai maskapai Aeroflot sipil, meskipun mengusung prasasti ‘Russia Air Force’ dan bintang merah sebagai penanda. Juga terdapat tulisan ‘Il-18’ di hidung.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: