Sah Sudah, Danlanud Adi Sutjipto Sematkan Wing Penerbang kepada 46 Siswa Sekbang TNI

Berakhir sudah pendidikan penerbang yang diikuti oleh 46 siswa Sekolah Penerbang Terpadu TNI Angkatan ke-91. Hal itu ditandai dengan penyematan Wing Penerbang dari Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, MM di apron Base Ops Lanud Adisutjipto, Minggu (13/8) lalu.

Sesuai tradisi, penyematan dilakukan saat fajar mulai terbit di sebelah timur.

Tujuan tradisi Penyematan Wing adalah untuk mengantarkan para calon penerbang muda ke pintu gerbang pengabdian sesungguhnya. Selain untuk mempersiapkan diri agar lebih matang dan dewasa dalam menghadapi tugas dan tantangan ke depan, sebagai insan dirgantara.

Wing Penerbang merupakan bukti akademis bahwa seseorang telah memenuhi persyaratan menjadi seorang penerbang dan sekaligus mengingatkan bahwa almamater ini merupakan tempat dimana para penerbang dilahirkan.

Menurut Kastandevaldik Wingdikterbang Mayor Pnb Surono usai penyematan Wing Penerbang, Sekbang ke- 91 merupakan Sekbang Terpadu TNI dari tiga angkatan. Mereka berasal dari alumni Akademi Angkatan Udara (AAU), Akmil, dan AAL.

Dari 46 penerbang, 8 orang masuk jurusan helikopter, 14 orang jurusan angkut, dan 13 orang jurusan tempur. Mereka akan disebar ke skadron udara di seluruh Indonesia.

Sementara 8 orang dari Akmil akan dikembalkan ke Puspenerbad, dan 3 orang dari AAL dikembalikan ke Puspenerbal.

Penyerahan Wing Penerbang dikemas dalam suatu tradisi militer yang diawali pendadakan di Mess Wirambara menjelang tengah malam. Setelah itu pasukan dibawa ke Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto untuk melaksanakan ziarah dan penghormatan.

Usai ziarah, digerakkan menuju nol kilometer Jalan Malioboro dilanjutkan lari malam membawa obor menuju Tugu Jogja.

Saat di Nol Kilometer Jogja, Danlanud berkesempatan membacakan pesan lewat puisi yang diperuntukkan kepada para calon penerbang muda.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: