Algeria Benarkan Telah Membeli Sistem Rudal Buk-M2E

Sistem rudal, apalagi berkemampuan lintas benua, adalah persenjataan yang sangat menakutkan. Banyak negara memilih mengembangkan atau membeli sistem rudal ketimbang mengoperasikan banyak pesawat tempur.

Indonesia memang belum mengarah ke sana, namun setidaknya kita mempunyai Lapan yang sudah mengembangkan beberapa model rudal berkemampuan hingga 100 km.

Algeria termasuk negara yang memilih memperkuat pertahanan rudal. Negara yang 80 persen wilayahnya ditutupi oleh Gurun Sahara ini, membeli salah satu rudal permukaan ke udara (SAM) yang menakutkan, Buk-M2E. Pembelian ini dikonfirmasi oleh Tentara Nasional Rakyat.

Penyampaian secara resmi dari militer Algeria ini termasuk menjelaskan latihan ‘Majd 2017’ yang dilakukan Juli lalu. Latihan melibatkan kendaraan TELAR (transporter erector launcher and radar) dari sistem Buk-M2, yang menembakkan rudal 9M317.

Menurut koran Rusia, Kommersant, seperti dikutip jane’s pada April 2016, pengiriman Buk-M2E dan helikopter serang Mi-28NE ke Algeria akan dilakukan tahun ini. Kontrak diteken tahun 2013.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: