Terjadi Lagi, Tabrakan Kapal Perang USS John McCain dengan Kapal Tanker Liberia

Kapal perang jenis destroyer yang dilengkapi peluru kendali USS John McCain (56) dari Arleigh Burke-class, tabrakan dengan kapal tanker pembawa bahan kimia dan minyak berbendera di dekat Singapura.

Dalam tabrakan kapal sepanjang 183 meter yang terjadi Senin (21/8/2017) lalu itu, mengakibatkan 5 pelaut terluka sementara 10 lagi dilaporkan hilang.

Pernyataan resmi dari Armada Ketujuh (US Seventh Fleet) di hari kejadian, tabrakan terjadi pada pukul 05:24 waktu setempat.

Baca USS Fitzgerald Tabrakan dengan Kapal Dagang di Jepang, 7 Pelaut Hilang

Saat itu USS John McCain dalam perjalanan di “east of the Straits of Malacca and Singapore”. Kunjungan ke Singapura adalah jadwal transit rutin di pelabuhan Singapura.

Terlihat bolong di bagian lambung kapal.

Kapal tanker yang diidentifikasi Armada Ketujuh sebagai Alnic MC, dalam perjalanan masuk ke bagian timur Selat Singapura dari Laut China Selatan pada jam dan hari yang sama.

Saat ini USS John McCain yangberpangksalan di Yokosuka, Jepang terpaksa ditambatkan di Singapura untuk perbaikan kerusakan.

Tabrakan ini menambah daftar kejadian serupa yang melibatkan kapal perang AS, yang kebetulan dari kelas yang sama.

Baca AL AS Akan Panggil Awak ACX Crystal yang Tabrakan dengan USS Fitzgerald

Tabrakan terjadi hanya beberapa hari setelah AL AS mengeluarkan laporan kesalahan yang menyebabkan tabrakan antara USS Fitzgerald – juga kelas Arleigh Burke yang berbasis di Yokosuka – dengan sebuah kapal kontainer yang jauh lebih besar tepat di sebelah selatan Jepang pada bulan Juni.

Tabrakan saat itu menewaskan tujuh pelaut. Kesemua pelaut ini tenggelam di kompartemen tempat tidurnya saat kapal kontainer menabrak USS Fitzgerald.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: