Info

USS Fitzgerald Tabrakan dengan Kapal Dagang di Jepang, 7 Pelaut Hilang

Kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat bertabrakan dengan kapal dagang di pelabuhan Jepang pada dini hari ini, Sabtu (17/6). Diperkirakan tabrakan terjadi pada pukul 2.30 dini hari. Belum jelas belum jelas berapa pelaut terluka dalam insiden ini.

Menurut Penjaga Pantai Jepang, kapal dagang tersebut adalah kapal kontainer Filipina, ACX Crystal, yaitu sebuah kapal berkapasitas 29.060 ton dan panjang 222 meter. Setelah kejadian, pelaut AS meminta bantuan dari penjaga pantai Jepang.

Saat kejadian, sebagian besar dari 200 awak kapal sedang tertidur, sehingga beberapa di antaranya dilaporkan kaget saat air membanjiri ruangan mereka.
Kerusakan di USS Fitzgerald. Foto: nbcnews.com

Karena tabrakan, destroyer mulai dimasuki air dan membanjiri dek. Tabrakan itu terjadi sekitar 56 mil laut (103 km) barat daya Yokosuka, Jepang, yang merupakan rumahnya Armada ke-7 US Navy.

USS Fitzgerald sedang menuju Yokosuka dengan kecepatan hanya tiga knot. USS Fitzgerald direncanakan berlabuh dalam dua jam ke depan. Televisi Jepang melaporkan bahwa tujuh pelaut telah hilang dalam insiden ini.

Fitzgerald adalah perusak rudal kelas Arleigh-Burke yang pertama kali ditugaskan pada 1995 dengan mengambil nama William Charles Fitzgerald, seorang veteran Perang Vietnam. USS Fitzgerald berada di bawah komando Armada ke-7. USS Fitzgerald berbasis di San Diego, California.

USS Fitzgerald beroperasi di bawah Reagan Carrier Strike Group. Kapal baru saja menyelesaikan latihan bersama Angkatan Laut Bela Diri Jepang pada 1 Juni lalu.

Teks: beny adrian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close