TNI AL Kirim KRI Usman Harun-359 ke Lebanon

Perhatian pimpinan adalah segalanya bagi seorang prajurit. Hal semacam ini bisa menjadi semacam booster bagi prajurit yang akan bertugas ke medan operasi.

Hal itu yang dilakukan KSAL Laksamana TNI Ade Supandi beserta istri Ny. Endah Ade Supandi kepada personel Satuan Tugas Maritime Task Force (Satgas MTF) TNI Konga XXVIII-J/Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) 2017.

Selasa (22/8/2017) malam, KSAL mengundang personel Satgas MTF malan malam di kediaman KSAL di Jakarta.

Pada acara makan malam, KSAL memberikan arahan kepada prajurit yang akan bertugas di Lebanon untuk selalu melaksanakan tugas sesuai Prosedur Tetap (Protap).

“Jaga loyalitas dari tingkat komandan hingga prajurit termuda, jaga nama baik negara, TNI Angkatan Laut dan keluarga, serta menjaga kesehatan personel dan tetap berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia selama penugasan di Lebanon,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Ade Supandi menceritakan sedikit pengalamannya saat berpangkat letnan dua. Kala itu, KSAL mengatakan bahwa seorang komandan tidak usah bertanya, jadi bawahan harus merencanakan, melaksanakan serta melaporkan ke komandan.

Sesuai rencana, Satgas MTF Konga XXVIII-J/Unifil 2017 akan berangkat pada Kamis, 24 Agustus 2017 yang akan dilepas oleh Panglima TNI.

Satgas MTF Konga XXVIII-J/Unifil akan menjalankan tugas sebagai penjaga perdamaian di perbatasan laut Lebanon selama satu tahun menggunakan KRI Usman Harun-359. Satgas ini akan menggantikan Satgas MTF Konga XXVIII-I/Unifil.

Personel Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/Unifil yang berjumlah 100 prajurit, terdiri dari 94 kru KRI, satu perwira intelejen, satu perwira psikologi, satu dokter, satu perwira penerangan, satu prajurit Kopaska,  dan satu penyelam.

Satgas dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H. (AAL 1995)  sebagai Komandan Satgas yang sehari-hari menjabat Komandan KRI Usman Harun-359.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: