Kiprah Hercules yang Tak Tergantikan di Tanah Papua

0

Peran pesawat C-130 Hercules milik TNI AU di wilayah Papua memang belum tergantikan. Sejak tahun 1970-an, pesawat buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat ini sudah wara-wiri di wilayah Papua dalam misi pembangunan dan kemanusiaan (civic mission).

Ketika itu, Hercules memainkan peran sangat penting dalam pembangunan di wilayah pegunungan tengah Papua melalui Bandar Udara Wamena.

Khususnya saat Pemerintah memperpanjang, melebarkan, dan mengeraskan landasan agar dapat didarati pesawat berbadan besar.

Dalam rangka pembangunan landasan yang menggunakan alat berat, Pemerintah menyerahkan tugas dan tanggung jawab pemindahan alat-alat berat kepada TNI AU.

Foto bersama kru Hercules dan peserta Pesparawi. Foto: Pen Lanud Jayapura

Peralatan besar seperti buldozer dan mesin giling diterjunkan dengan penuh perhitungan dari ketinggian 3.000 kaki agar jatuh dekat ke titik lokasi lapangan terbang yang akan dibangun.

Sehingga pada akhirnya lapangan terbang dapat didarati pesawat angkut berukuran besar seperti Hercules yang sampai saat ini mendukung program Pemerintah daerah dalam melaksanakan misi kemanusiaan dan mendukung percepatan pembangunan di wilayah Pegunungan Tengah.

Tidak hanya mendukung pembangunan fisik, pembangunan sosial pun dilakukan Hercules.

Seperti berlangsungnya Pesparawi (Pesta Paduan Suara Gerejawi) di Kaimana pada 7-20 September 2017 ini, Hercules terlibat membantu angkutan udara. Event akbar ini melibatkan ribuan peserta, pendukung, official, tamu undangan dan masyarakat umum dari seluruh provinsi Papua.

Pesparawi merupakan kegiatan tahunan yang sangat ditunggu masyarakat Papua. Stadion Triton Kaimana akan menjadi saksi sejarah pelaksanaan Pesparawi 2017.

Karena banyaknya jumlah warga yang mengikuti kegiatan ini, TNI AU pun menyambut baik permohonan Pemda Kabupaten Lani Jaya, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Yahukimo, dan Kabupaten Biak untuk mengangkut peserta acara.

“Kami mengerahkan pesawat angkut Hercules untuk mendukung transportasi udara peserta Pesparawi untuk hadir menyemarakkan acara Pesparawi di Kaimana,” tutur Komandan Lanud Jayapura Kolonel Pnb Erwan Andrian.

Dalam misi kali ini, Hercules mendukung mobilisasi personel partisipan Pesparawi 2017 di Kaimana yang diikuti jemaat gereja dari seluruh Papua.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply