Pagi Ini, 4 Hercules TNI AU Bawa 34 Ton Bantuan untuk Rohingnya

0

Tepatnya pagi ini, Rabu (13/9/2017) pukul 09.35 Wib, pesawat angkut berat C-130H Hercules A-1316 asal Skadron Udara 32 Lanud Abdulrahman Saleh TNI AU, mulai start engine.

Dengan muatan 7 ton bahan pangan dan kebutuhan lainnya bagi pengungsi Rohingnya di Myanmar, A-1316 yang diterbangkan oleh Letkol Pnb Subhan akhirnya lepas landas tepat pukul 09.46 dari landas pacu Lanud Halim Perdanakusuma.

C-130 Hersules TNI AU bersiap diberangkatkan. Foto: beny adrian

Dalam separasi masing-masing 15 menit antar pesawat, di belakangnya menyusul tiga Hercules lainnya yaitu A-1335, A-1319, dan A-1326. Untuk A-1335 adalah pesawat hibah dari Australia yang tiba di tanah air tahun lalu.

Pesawat akan terbang di ketinggian bervariasi antara 18.000 sampai 22.000 kaki.

Total bantuan yang dibawa keempat Hercules ini adalah 34 ton, dengan rincian A-1316 dan A-1335 masing-masing membawa 7 ton sedangkan A1319 dan A-1326 masing-masing membawa 10 ton. Perbedaan jumlah total muatan dikarenakan versi yang berbeda dari pesawat.

Menurut Letkol Pnb Suryo Anggoro yang menerbangkan A-1335, keempat pesawat yang membawa bantuan rakyat Indonesia untuk pengungsi Rohingnya ini akan tiba di Bandara Shah Amanat di Chittagong, Bangladesh besok siang (Kamis).

Presiden Jokowi meninjau bantuan sebelum memberangkatkan. Foto: beny adrian

“Dari Jakarta kami akan mendarat dulu di Aceh, RON (remain over night) dan refuel di Aceh, baru besok pagi ke Bangladesh,” ujar Letkol Suryo Anggoro.

Ditambahkan Letkol Suryo yang sehari-harinya menjabat sebagai Kalambangja (Kepala Keselamatan Terbang dan Kerja) Lanud Abdulrahman Saleh, Malang, penerbangan ke Aceh akan ditempuh selama 4 jam sedangkan ke Bangladesh dari Aceh ditempuh sekitar 4,5 jam.

“Begitu bantuan diturunkan di Bangladesh, kami kembali ke Aceh untuk selanjutnya ke Jakarta,” tambah Mayor Pnb Ari Susiono dari Skadron 32.

Setibanya di Jakarta, jelas Mayor Ari, keempat pesawat akan kembali dimuati bantuan untuk selanjutnya menerbangkannya kembali ke Bangladesh.

Total misi pengiriman bantuan ke Bangladesh ini akan dilaksanakan oleh keempat pesawat Hercules TNI AU selama dua minggu dengan kru tetap.

Dengan total bantuan untuk Rohingnya lebih dari 100 ton, dibutuhkan tiga sorti penerbangan ke Bangladesh. “Masing-masing pesawat maksimal terbang 3 sorti lah,” kata Letkol Suryo. Faktor keselamatan penerbangan sangat diutamakan dalam misi kemanusiaan ini. Hal itu terlihat dari komposisi cockpit crew di setiap pesawat yang semuanya double captain.

Presiden Jokowi resmi mengirim bantuan tahap pertama untuk pengungsi Rohingnya. Foto: beny adrian

Sementara untuk total kru di setiap pesawat adalah 24 orang. Dengan komposisi 14 kru pesawat ditambah 10 anggota Paskhas untuk pengamanan. Namun karena bukan ke daerah konflik, Paskhas terlihat tidak membawa senjata.

Dalam sambutannya saat melepas bantuan pagi ini di Lanud Halim, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa ini adalah pemberangkatan tahap pertama. Selanjutnya minggu ke depan tahap kedua dan ketiga.

“Bantuan ini terdiri dari beras, makanan siap saji, tangki air, tenda pengungsi, pakaian anak, dan selimut, itulah yang sangat diperlukan pengungsi,” jelas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa bantuan sengaja dikirim menggunakan pesawat untuk alasan kecepatan. “Kenapa pakai pesawat, karena dari pengalaman yang lalu memakain kontainer memakan waktu lama. Padahal bantuan ini sangat dibutuhkan untuk secepatnya digunakan pengungsi di perbatasan Banglasdesh dan Myanmar,” ujar Presiden Jokowi.

Saat melepas bantuan untuk pengungsi Rohingnya, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo serta KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Komposisi Kru Pesawat

C-130 Hercules A-1316:

  • Letkol Pnb Subhan
  • Mayor Pnb Yudhi Bandung
  • Lettu Pnb Bagus Purnomo
  • Lettu Pnb Sony Bastian

C-130 Hercules A-1335:

  • Letkol Pnb Suryo Anggoro
  • Mayor Pnb Ari Susiono
  • Kapten Pnb Gintoro Wahyu
  • Lettu Pnb Eky Framadhanto

C-130 Hercules A-1319:

  • Letkol Pnb Fata Patria
  • Kapten Pnb Arifin Bayu
  • Lettu Pnb Riki Altobeli
  • Lettu Pnb Jatmiko Adi

C-130 Hercules A-1326:

  • Letkol Pnb Puguh Yulianto
  • Mayor Pnb Tedy Saputra
  • Kapten Pnb Aleg Candra
  • Kapten Pnb Gustana

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply