Slovakia Terima C-27 Spartan Pertama dari Dua yang Dibeli

Slovakia secara resmi menerima pesawat pertama dari dua yang dibeli, Alenia Aermacchi C-27J Spartan pada Selasa (31/10/2017). Spartan adalah pesawat angkut taktis yang sering dijuluki Hercules mini.

Pesawat bermesin dua yang sudah tiba di Slovakia minggu lalu itu, diterima secara resmi untuk masuk ke dalam satuan operasional dalam sebuah acara di pangkalan udara Malacky-Kuchyna di dekat perbatasan Austrian.

Malacky-Kuchyna adalah rumah wing angkut AU Slovakia (Vzdusné sily Slovenskej Republiky) yang saat ini mengoperasikan pesawat angkut Let L-410 Turbolet.

Slovakia membeli C-27J untuk menggantikan Antonov An-26 Curl yangh dioperasikan sejak berpisah dengan Republik Czech tahun 1993.

Kontrak diteken tahun 2014 itu diperkirakan mencapai 152 juta dolar AS. Pesawat kedua diperkirakan tiba awal tahun depan.

C-27J memiliki daya angkut 11 ton dan mampu terbang feri sejauh 3.070 Nm (5.685 km).

Selain Slovakia, C-27J Spartan sudah dioperasikan oleh Australia, Bulgaria, Chad, Yunani, Italia, Lithuania, Meksiko, Maroko, Peru, Rumania, dan Amerika Serikat.

Beberapa tahun yang lalu, Spartan sempat mampir di Lanud Halim Perdanakusuma dalam upaya Alenia Aermacchi bersaing dengan Airbus C-295.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s