Unggulan dan Spesifik Kedirgantaraan, TNI AU Segera Buka SMA Pradhita Dirgantara

Karena dipahami bahwa pendidikan adalah investasi masa depan, setiap orang pun berlomba-lomba untuk mendapatkan pendidikan berkualitas.

Dengan pendidikan yang baik, setidaknya seseorang sudah memiliki modal yang tidak saja bernilai ekonomi tetapi juga bisa meningkatkan derajat sosial pribadi dan keluarganya.

Namun di sisi lain, pendidikan berkualitas masih menjadi masalah di negeri ini. Masih banyak sekolah belum memenuhi standar kualitas yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepeduliaan itu pula yang menggugah Yayasan PIA Ardhya Garini (Yasarini) untuk mengelola sekolah menengah atas (SMA) unggulan.

“Kami berharap tahun pelajaran 2018 sekolah ini sudah bisa beroperasi,” ujar Ibu Nanny Hadi Tjahjanto saat ditemui mylesat.com di kantor pusat Yasarini di Lanud Halim Perdanakusuma beberapa waktu lalu.

Memang TNI AU melalui Yasarini sedang menyiapkan SMA unggulan yang diberi nama Pradhita Dirgantara. SMA Pradhita Dirgantara berlokasi di Lanud Adisoemarmo, Solo.

Peletakan batu pertama pembangunan sekolah ini dilakukan KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada 17 April 2017. Saat itu KSAU menyampaikan harapannya agar sekolah unggulan SMA Pradhita Dirgantara sudah bisa dibuka tahun 2018.

Ibu Nanny Hadi Tjahjanto memberikan pemaparan tentang sekolah unggulan Pradhita Dirgantara. Foto: Dispenau

Saat ini proses pembangunan sarana dan prasarana sekolah yang berada di atas lahan seluas 6 hektar, tengah dikebut pembangunannya. Ditargetkan pada tahun ajaran 2018/2019 sudah siap menerima murid baru.

Kepastian itu disampaikan Ibu Nanny Hadi Tjahjanto selaku Ketua Umum Yasarini dalam ceramahnya soal sekolah unggulan SMA Pradhita Dirgantara.

Ceramah dilakukan di hadapan para komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) se-Indonesia beserta istri di Mabesau, Cilangkap, Jakarta, Senin (6/11/2017). Hadir pada acara itu Wakil KSAU Marsda TNI Yuyu Sutisna, para Asisten KSAU dan pengurus Yasarini Pusat.

“SMA Pradhita Dirgantara didesain sebagai sekolah unggulan dengan konsep boarding school (siswa diasramakan). Untuk operasional sekolah, TNI AU menggandeng FKIP Universitas Negeri Surakarta (UNS) dalam penyiapan tenaga guru, administrasi dan kurikulum pendidikannya,” ujar Nanny.

Kepada ratusan Komandan satuan yang hadir pada sosialisasi, Ketua Umum Yasarini minta untuk ikut mendukung keberlangsungan pendidikan SMA Pradhita Dirgantara.

“Caranya dengan ikut menyosialisasikan kepada putra-putri prajurit TNI AU yang ada di daerah masing-masing sebagai calon siswa pada tahun ajaran 2018/2019,” kata Nanny lagi.

“Saya sengaja undang para Komandan Lanud beserta istri untuk mengikuti sosialisasi SMA Pradhita Dirgantara, karena Komandan Lanud adalah Pembina PIA Ardhya Garini di satuannya yang secara otomatis istri komandan lanud adalah Ketua PIA Ardhya Garini Cabang di satuan suaminya. Saya selaku Ketua Umum Yasarini berharap para komandan beserta istri dapat menyatukan langkah,“ harap Nanny.

SMA Pradhita Dirgantara diharapkan dapat menghasilkan lulusan unggul berkompeten di bidang akademik, kepribadian, kepemimpinan, teknologi informasi sekaligus cinta Indonesia.

SMA Pradita Dirgantara memiliki kurikulum sama dengan sekolah umum. Namun ada penguatan muatan kedirgantaraan, sehingga lulusannya diharapkan bisa melanjutkan ke Akademi TNI, kepolisian, atau perguruan tinggi.

Meskipun sekolah ini berkedudukan di Jawa Tengah,  siswa sasarannya adalah dari seluruh Indonesia.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s