Sedikit Catatan dari Perjalanan Singkat ke Ngunduh Mantu Presiden Jokowi

Resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayung dan Bobby Afif Nasution, telah usai digelar di Perumahan Bukit Hijai Regency (BHR) Jalan Setia Budi, Medan, Minggu (26/11/2017).

Acara ngunduh mantu itu  mendapat perhatian luas dari warga Kota Medan yang memadati Jalan Setia Budi yang berada di depan lokasi.

Dari pagi, warga sudah mulai memadati lokasi untuk menanti kedatangan Presiden Jokowi dan keluarga yang menumpang kereta kencana. Pesta rakyat betulan, itulah suasana di sekitar tempat acara ngunduh mantu.

Sebanyak tujuh kereta kencana didatangkan dari Solo untuk acara ngunduh mantu putri Jokowi ini. Bersama kereta kencana, didatangkan juga 14 kuda dan 23 kusir menuju Kota Medan dengan menumpang bus.

Untuk mengangkut tujuh kereta kencana beserta 14 kuda, dikerahkan sembilan truk khusus dari Solo.

Boleh dikata hampir seluruh pejabat tinggi negara, menghadiri acara ngunduh mantu tak terkecuali KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Sebuah kehormatan bagi mylesat.com ikut dalam rombongan KSAU.

KSAU beserta Ibu Nanny Hadi Tjahjanto berangkat menggunakan pesawat Boeing B737-400 A-7305 Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Minggu pagi.

Bersama KSAU juga ikut KSAD Jenderal TNI Mulyono beserta Ibu Sita Mulyono dan Menteri Negara dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan beserta Ibu.

Lepas landas dari Lanud Halim sekitar pukul 06.00 Wib, pesawat mendarat dua jam kemudian di Lanud Soewondo di Medan. Dari Lanud Soewondo, KSAU berangkat menuju tempat ngunduh mantu dengan menumpang bus bersama KSAD dan Menneg ESDM.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Karena yang ngunduh mantu adalah seorang presiden, standar keamanan pun tetap tinggi yang diterapkan Paspampres. Siapapun tanpa terkecuali, harus melewati security door untuk menjalani pemeriksaan. Sampai di sini mylesat.com berpisah dengan rombongan KSAU.

Rupanya suasana di luar tak kalah meriahnya, gegap gempita. Tepuk tangan sesekali terdengar riuh diikuti sorakan dari kerumunan warga. Ada apa gerangan?

Rupanya warga menepuki kendaraan yang lewat di jalur yang akan dilewati Jokowi. Tidak semua kendaraan disoraki warga, hanya yang terlihat lucu seperti becak motor yang melintas dengan santainya di antara ketatnya pengamanan.

Warga yang terus memadati jalan, dan semakin padat ketika akhirnya iring-iringan kereta kencana yang membawa keluarga Jokowi tiba di lokasi. Massa semakin ramai dan berteriak-teriak memanggil-manggil Presiden Jokowi. Semua tangan ngacung ke atas mengarahkan telepon genggam masing-masing ke arah Jokowi dan Kahiyang-Bobby.

Di tengah suasana histeris itu, Presiden Jokowi melemparkan goody bag ke arah warga, berkali-kali. Orang-orang berebut untuk mendapatkannya.

Melihat kedatangan kereta kencana Jokowi dan rombongan di belakangnya, ibarat pawai adat saja. Satu kendaraan paling belakang khusus membawa alat musik khas melayu, dan dimainkan oleh beberapa orang yang ada di atas mobil.

Setelah hampir dua jam di lokasi ngunduh mantu, KSAU dan rombongan terlihat keluar dari lokasi dan langsung naik ke atas bus yang sudah disiapkan untuk kembali ke Lanud Soewondo. Rombongan menaiki anak tanggal B737-400 A7306 yang diparkir bersebelahan dengan A-7305 yang membawa rombongan Panglima TNI.

KSAU dan rombongan langsung kembali ke Jakarta, meninggalkan Lanud Soewondo yang berhadap-hadapan dengan Bandara Polonia yang terlihat sepi sejak penerbangan sipil dipindahkan ke Bandara Kualanamu.

Hanya terlihat tiga helikopter Bell-412EP milik Penerbad, masing-masing satu pesawat Cassa-212 milik Penerbad dan Penerbal serta satu pesawat C-130 Hercules TNI AU.

Dengan berakhirnya ngunduh mantu, berkurang pula kesibukan di Lanud Soewondo, kembali seperti semula.

“Lanud ini memang tetap diaktifkan untuk menangani penerbangan khusus, dan juga sebagai alternated base bagi Kualanamu,” ujar KSAU kepada KSAD di ruang tunggu Lanud Soewondo.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s