Latihan Kamhanlan, Segarkan Kemampuan Pertahanan Anggota Lanud Suryadarma

Pangkalan udara adalah aset strategis yang harus dijaga keamanannya setiap saat. Dalam peperangan, pangkalan udara adalah salah satu target utama yang akan dihancurkan musuh. Namun dalam kondisi damai, kondisi aman harus senantiasa dijaga.

Untuk itu Lanud Suryadarma di Kalijati, Subang, Jawa Barat, menggelar Latihan Keamanan Pertahanan Pangkalan (Kamhanlan).

Latihan Keamanan Pertahanan Pangkalan (Kamhanlan) Lanud Suryadarma. Foto: Pen Lanud Suryadarma

Latihan yang dilaksanakan selama lim hari itu, resmi ditutup oleh Kepala Dinas Personel Kolonel Pnb Khoirun Aslam mewakili komandan Lanud Suryadarma di lapangan Dirgantara Lanud Suryadarma, Jum’at (8/12/2017).

Latihan dilaksanakan dengan tujuan agar personel paham secara teori dan terampil dalam mengatasi situasi apapun, khususnya sebagai bagian dari kekuatan pertahanan pangkalan yang mampu menangkal setiap ancaman secara efektif.

Latihan kembali menyegarkan kemampuan anggota sebagai unit pertahanan pangkalan. Foto: Pen Lanud Suryadarma

Latihan pertahanan pangkalan ini meliputi teori dan praktik di lapangan dengan beberapa kegiatan. Seperti taktik dan teknik tempur dasar, mekanisme kerjasama antar kelompok dan satuan, aplikasi sistem dan prosedur komunikasi, menembak dan pengetahuan senjata perorangan serta penguasaan teori yang terkait dengan pertahanan pangkalan.

Latihan Keamanan Latihan Kamhanlan Lanud Suryadarma ditutup Kepala Dinas Personel Kolonel Pnb Khoirun Aslam. Foto: Pen Lanud Suryadarma

“Saya yakin semua peserta latihan dapat mengambil pelajaran dari kegiatan ini. Di antaranya  memahami kembali dasar-dasar kemiliteran dan dapat mengaplikasikan semua fungsi dan tugasnya masing-masing satuan di lapangan untuk melaksanakan pertahanan pangkalan apabila terjadi kontigensi serangan musuh dari luar yang sifatnya tidak diketahui atau mendadak,” ujar Kolonel Pnb Khoirun Aslam membacakan sambutan komandan Lanud.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: