Maju Sekali, Mereka Sudah Bicara Tanker Tanpa Awak alias UAV, Kita Kapan?

Hanya rasa kagum setiap kali membaca inovasi teknologi kedirgantaraan yang begitu maju, khususnya di Amerika Serikat. Kali ini, pesawat tanker pun akan didapuk dari jenis pesawat tanpa awak (UAV).

Adalah Boeing yang menjawab keinginan AL AS memiliki pesawat tanker UAV yang bisa diluncurkan dari kapal.

Beberapa hari yang lalu, Boeing menawarkan desain futuristik yang oleh AL AS disebut MQ-25 Stingray. UAV ini bisa memasok bahan bakar di udara untuk armada pesawat tempur termasuk F-35C.

General Atomics juga sudah mengungkap desainnya pada awal tahun, dengan membeberkan fot-foto pesawat dengan sayap lebar yang menyerupai silhouette pesawat tempur. Sedangkan prototipe yang diungkap Boeing memiliki bodi kubah atas dan lebih tebal.

Ada empat perusahaan bersaing untuk mendapatkan kontrak MQ-25, termasuk Lockheed Martin Corp. dan Northrop Grumman Corp. Northrop diperkirakan akan membawa X-47B.

Lockheed disebutkan hanya menampilkan imej yang sekilas mirip UAV.

Sesumbar Boeing, disebutkan bahwa pesawat prototipe saat ini sedang merampungkan engine runs dilanjutkan terbang perdana. Pengendalian di dek akan dilakukan awal 2018.

Program tanker AL AS sudah berganti nama beberapa kali. Dulu dikenal program CBARS (Carrier-Based Aerial-Refueling System) sebelum menjadi MQ-25.

Tidak hanya sebagai platform pengisian bahan bakar di udara, MQ-25 juga akan dimanfaatkan untuk menjalankan misi intelligence, surveillance, dan reconnaissance.

Ngomong-ngomong, kita kapan ya membuat inovasi-inovasi mencerahkan seperti ini?

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s