Info

Girangnya Fajar Terima Kursi Roda, Panglima TNI: Baksos untuk Bantu Masyarakat Atasi Kesulitan

Gembira sekali Fajar saat menerima kursi roda dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Ketua Umum Dharma Pertiwi dan IKKT Pragati Wira Anggini Ibu Nanny Hadi Tjahjanto pagi itu. Meski sulit untuk berbicara, namun terpancar jelas di wajahnya rasa senang dan gembira.

Fajar yang menderita lumpuh sejak kecil itu tak henti-henti tertawa girang. Ia berusaha menggerak-gerakkan badannya sebagai bentuk ekspresi gembiranya. Jika selama ini ia sulit untuk berjalan karena kondisi tubuhnya, dengan duduk di kursi roda Fajar bisa beraktivitas.

Fajar hanyalah satu dari ratusan orang yang menerima bantuan melalui kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan TNI kepada masyarakat di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Udara (RSPAU) Dr. Suhardi Hardjolukito, Yogyakarta, Senin (19/3/2018).

Panglima TNI memandang perlu untuk menghadiri Baksos Kesehatan ini sebagai wujud kepeduliaannya terhadap kesehatan masyarakat. Baksos Kesehatan TNI berlangsung dari 17-24 Maret 2018.

Hadir pula pada kesempatan itu KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Ibu Ayu Yuyu Sutisna serta Ali Sadikin dari Kick Andy Foundation dan Media Group.

Menurut Marsekal Hadi, Baksos Kesehatan TNI dilakukan secara rutin dengan menyesuaikan kondisi masyarakat di sekitarnya. “Kegiatan Bakti Kesehatan merupakan salah satu cara untuk mengatasi kesulitan masyarakat sekitar,” ujar Marsekal Hadi.

Ibu Nanny Hadi Tjahjanto menggendong bayi yang akan menjalani operasi bibir sumbing. Foto: beny adrian

Baksos yang dilaksanakan meliputi pemberian kaki palsu, jursi roda, operasi bibir sumbing, dan katarak. Sampai saat itu, berhasil dilakukan operasi katarak terhadap 92 orang, operasi bibir sumbing 45 orang, khitanan 35 orang, dan pemberian kaki palsu untuk 45 orang.

Dengan mengerahkan kekuatan personel TNI yang didukung kapal rumah sakit dan pesawat angkut, Panglima TNI  berharap program Baksos Kesehatan TNI dapat memberikan bantuan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“TNI memiliki kemampuan untuk memberikan dukungan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dengan menggunakan obat-obatan yang dihasilkan oleh Lembaga Farmasi jajaran TNI (AD, AL, AU),” ungkapnya.

Panglima TNI mengatakan bahwa pada 23 Maret 2018, akan dilaksanakan kegiatan Baksos Kesehatan TNI di Desa  Bedoyo Gunung Kidul, Yogyakarta, dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

 

Teks: beny adrian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close