Tradisi Unik Pasang Bendera, Sambut Pelaksanaan TMMD di Indramayu: Babinsa Kodim 0616 Aktif Membantu

Banyak cara dilakukan masyarakat dalam mengekspresikan kegembiraannya sesuai budaya lokal masing-masing. Seperti warga Desa Cempeh di Indramayu, Jawa Barat, memiliki kebiasaan memasang bendera Merah Putih dan bendara dari kain Batik di sepanjang jalan desa pada saat ada acara besar di desanya.

Tradisi unik ini sudah ada sejak dulu dan mengakar, sehingga terus melekat sebagai kearifan lokal Desa Cempeh. Pemasangan bendera seperti ini merupakan wujud suka cita warga Desa Cempeh dalam menyambut setiap kegiatan besar di lingkungannya.

Babinsa membantu warga memasang bendera. Foto: Kodim 0616

Tradisi masyarakat ini berlaku juga dalam menyambut program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101, yang akan di selenggarakan Kodim 0616/Indramayu.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Cempeh yaitu Serka Subagja bersama masyarakat, beramai-ramai memasang bendera Merah Putih dan bendera kain Batik di sepanjang jalan desa.

Warga dengan antusias melaksanakan pemasangan bendera di desa-desa yang berada di Kecamatan Lelea.

Salah seorang masyarakat menyampaikan bahwa kegiatan TMMD yang di selenggarakan Kodim 0616, merupakan hajatan besar dan harus disambut dengan suka-cita oleh masyarakat Desa Cempeh.

Tradisi ini sudah melekat di sanubari warga Desa Cempeh. Foto: Kodim 0616

Warga ini berharap program TMMD dari Kodim 0616 akan membantu masyarakat dan dapat mewujudkan program pembangunan di Desa Cempeh, sehingga bisa menjadi Desa yang lebih maju dan sejahtera.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: