Tim Aerobatik Blue Angels Lirik C-130J Hercules Inggris untuk Didaulat sebagai Fat Albert

Jika Anda pernah menyaksikan langsung aksi tim Blue Angles dari Angkatan Laut Amerika Serikat, tentu tidak akan lupa dengan satu aksi spektakuler pesawat C-130T Hercules.

Dengan menggunakan dorongan kuat mesin jet yang dipasang di kedua sisinya, pesawat lepas landas dengan kencang.

Perangkat bantu lepas landas ini disebut JATO (jet-assisted take-off), yang sebenarnya adalah delapan roket yang dipasang di kedua sisi pesawat. Di lingkungan Blue Angles, Hercules ini dinamakan Fat Albert

Setelah sebuah kecelakaan fatal menimpa Fat Albert pada Juli 2017 di Mississippi yang menewaskan 16 kru di dalamnya, AL AS mulai mecanakan untuk mencair pengganti C-130T.

Disebutkan bahwa sebuah C-130J bekas pakai AU Inggris, kemungkinan akan dibeli sebagai pengganti.

C-130T telah digunakan selama beberapa dekade, dengan misi utama mengangkut tim pendukung berikut suku cadang yang diperlukan Blue Angels.

Nama Fat Albert diambil dari tokoh kartun era 1980-an. Fat Albert aslinya adalah milik Korps Marinir C-130T. Dalam sekali penerbangan, Fat Albert mampu membawa 40 anggota tim sekaligus.

Pesawat ini diterbangkan dengan tujuh Marinir: tiga pilot, dua master kru, dan dua injinir. Blue Angels menggunakan C-130 Hercules sejak 1970.

AU Inggris diketahui memiliki beberapa C-130J yang sudah masuk penyimpanan. Pada 23 Maret, AL AS mengumumkan niatnya untuk membeli salah satu dari pesawat ini untuk menjadi Fat Albert yang baru.

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: