Pantas Menerimanya, Panglima TNI Sematkan Bintang Jalasena Utama kepada Lai Chung Han

Bertempat di Ruang Hening Gedung Sudirman Mabes TNI, Cilangkap, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan tanda kehormatan Bintang Jalasena Utama kepada mantan KSAL Singapura Rear Admiral (bintang dua) Lai Chung Han, Senin (9/4/2018).

Saat ini Lai menjabat sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri merangkap Wakil Menteri Pendidikan Singapura. Saat menerima Bintang Jalasena Utama, Lai didampingi istrinya Ng Chiew Yen.

Saat menjadi KSAL Singapura, Lai menggantikan Rear Admiral Ng Chee Peng. Lai menerima estafet KSAL Singapura pada 1 Agustus 2014 dan menjabatnya hingga 16 Juni 2017.

Saat menerima jabatan KSAL, Lai berusia 41 tahun. Lai menerima bintang satunya pada usia 38 tahun.

Panglima TNI menyematkan Bintang Jalasena Utama kepada Lai Chung Han. Foto: beny adrian

Rear Admiral Lai mengantongi gelar Bachelor of Arts (Ekonomi) dari Universitas Cambridge, dan Master dalam Administrasi Publik dari Harvard University.

Bergabung dengan AL Singapura pada Januari 1992, ia pernah menjadi komandan kapal perang RSS Valiant dan Skadron 188, kemudian menjadi komandan armada AL Singapura sebelum menjadi wakil sekretaris kebijakan di Kemhan Singapura pada September 2012.

Bintang Jalasena yang terbuat dari logam, adalah sebuah Bintang bersudut delapan dengan garis tengah 45 mm.

Di sebelah muka Bintang terdapat sebuah perisai Lambang Angkatan Laut, serangkaian titik-titik rantai yang menghubungkan huruf JALESVEVA JAYAMAHE dengan lebar 2mm melingkari Lambang Angkatan Laut.

Bintang Jalasena digantungkan pada kaitan yaitu lukisan lima kuntum bunga melati dengan 10 helai daun melati sebagai pengait Bintang pada pita kalung dan pita gantung.

Ada tiga jenis bintang Jalasena, yaitu Bintang Jalasena Utama, Bintang Jalasena Pratama, dan Bintang Jalasena Nararya.

Bintang Jalasena Utama berwarna emas dan disertai sebuah Patra yang berbentuk dan berwarna sama, dengan ukuran lebih besar yaitu bergaris tengah 55 mm.

Pita kalung Bintang Jalasena Utama berukuran lebar 35 mm berwarna biru laut, mempunyai lajur enam berwarna merah dan lima lajur berwarna putih. Masing-masing lajur berukuran 2mm dan dua lajur tepi kanan-kiri berwarna biru laut masing-masing berukuran 6,5mm.

Panglima TNI memberikan selamat kepada Rear Admiral Lai Chung Han didampingi istri. Foto: beny adrian

Bintang Jalasena Utama diberikan kepada Rea Admiral  Lai Chung Han atas jasa-jasanya yang besar saat menjadi KSAL Singapura dalam meningkatkan hubungan di antara kedua negara khususnya di antara Angkatan Laut kedua negara.

Turut hadir dalam pemberian bintang kehormatan ini KSAL Laksamana TNI Ade Supandi, KSAD Jenderal TNI Mulyono, dan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s