Marinir Siap Berangkatkan Satgasmar Ambalat XXIII dan Pulau Terluar XXI

0

Paban III Latga Sops TNI Kolonel Inf Tandyo Budi R, melaksanakan inspeksi dan pembekalan kepada Satgasmar Ambalat XXIII dan Satgas Pam Pulau Terluar XXI Marinir wilayah Timur di lapangan apel Brigif-1 Marinir Gedangan, Sidoarjo. Jumat (13/04/2018).

Kegiatan yang dihadiri Asops Dankormar Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto dan Danbrigif-1 Mar Kolonel Marinir I Made Sukada, Asops Danpasmar-1 Kolonel Marinir Nanang Saefulloh, tim Mabes TNI, Paban Ops Kormar Letkol Mar Rudi Harto Marpaung, Paban Ops Pasmar-1 Letkol Mar Rivelson Saragih dan Para pejabat Teras di jajaran Pasmar-1.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan penyampaian paparan di ruang VIP Brigif-1 Marinir tentang kesiapan personel dan material pendukung oleh Komandan Satgasmar Ambalat XXIII Kapten Marinir M. Yusuf Muchrom Pribadi, dilanjutkan paparan oleh Komandan Satgas Pam Puter XXI Wiltim Lettu Marinir Heru Susanto.

Paban III Latga Sops TNI Kolonel Inf Tandyo Budi saat melakukan pemeriksaan. Foto: Serka Kuwadi/Marinir

Usai menerima paparan, Paban III Latga Sops TNI mengecek kesiapan personel dan perlengkapan perorangan maupun perlengkapan Satgas yang akan dibawa ke daerah penugasan.

Paban III Latga Sops TNI menyampaikan agar prajurit Marinir yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XXIII dan Satgas Pam Puter XXI melaksanakan tugas sesuai Standard Operational Procedur (SOP).

“Tugas paling berat bagi kalian yaitu mengatasi kejenuhan dan mengatasi hawa nafsu, itulah musuh paling berat yang kalian hadapi, namun saya yakin prajurit yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XXIII dan Pulau Terluar XXI mampu melaksanakan tugas-tugas dengan baik,” tegas Kolonel Tandyo.

Usai pengecekan personel dan material, seluruh anggota Satgas menerima pembekalan rohani dari Pusbintal TNI yang disampaikan Letkol Sus Hasanudin.

Komandan Satgasmar Ambalat XXIII Kapten Marinir M. Yusuf Muchrom Pribadi didampingi Komandan Satgas Pam Pulau Terluar XXI Lettu Mar Heru Susanto mengatakan, sebelum berangkat ke daerah penugasan, personel Satgasmar Ambalat XXIII dan Pulau Terluar XXI telah menerima pembekalan.

Materi yang mereka peroleh meliputi pengetahuan kondisi geografi dan demografi, keimigrasian, hukum HAM dan Humaniter, hukum laut internasional, situasi keamanan saat ini di daerah perbatasan dan pengetahuan agama, adat istiadat serta bahasa yang dipakai masyarakat Pulau Sebatik.

Prajurit Marinir siap melaksanakan tugas pengamanan pulau terluar. Foto: Serka Kuwadi/Marinir

Selain itu juga telah melaksanakan latihan Pra Tugas di Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir Grati, Pasuruan.

Personel Satgasmar Ambalat XXIII akan menempati beberapa pos. Yaitu Sei Pancang, Sei Taiwan, Balansiku, Sei Bajo, Tembaring dan Bambangan.

Sedangkan untuk Satgasmar Pulau Terluar XXI, akan menempati beberapa pulau terluar di wilayah Indonesia Timur, di antaranya Pulau Batek, Brass, Ndana dan lain-lain.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply