Penjaga Pantai India Terima Kapal Pertama dari Tujuh Vikram-class

Pasukan Penjaga Pantai India (ICG) resmi mengoperasikan kapal patroli lepas pantai (OPV) pertama dari Vikram-class.

Kapal yang dinamakan ICGS Vikram dengan nomor lambung 33 ini, diresmikan dalam sebuah upacara pada 11 April 2018 yang dipimpin Menhan India Subhash Bhamre.

Vikram adalah bagian dari program senilai 220 juta dolar AS yang diberikan kepada pabrikan Larsen & Toubro pada Maret 2015. Kontrak ini meliputi tujuh kapal.

OPV diluncurkan pada Oktober 2017 di galangan kapal Kattupali milik Larsen & Toubro. Sementara kapal kedua diturunkan ke air pada Januari lalu.

Vikram class memiliki panjang keseluruhan 97 m. Kecepatan kapal mencapai 26 knot dan mampu berlayar hingga 5.000 Nm pada kecepatan 12 knot. Untuk urusan panjang kapal, Vikram class jelas masih kalah dari KN Tanjung Datu milik Bakamla RI dengan panjang kapal mencapai 110 meter.

Desain konstruksi dan proses konstruksi kapal telah menjalani sertifikasi ganda dari American Bureau of Shipping dan Indian Registrar of Shipping.

Kapal perang ini mampu mengangkut helikopter sekelas Hindustan Aeronautics Limited (HAL) Dhruv. Sementara untuk misi interdiksi maritim, tersedia dua perahu cepat RHIB (rigid hull inflatable boats).

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s