4 Provinsi Dalam Dua Hari, Panglima TNI Tak Lupa Silaturahim dengan Para Ulama

Dalam roadshow di wilayah Sumatera, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan KSAD Jenderal TNI Mulyono, telah melakukan kunjungan di Aceh, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

Kunjungan dilakukan selama dua hari, mulai Kamis hingga Jumat (19-20 April 2018).

Di setiap kota yang disinggahi, Marsekal Hadi dan Jenderal Tito secara bergantian memberikan pengarahan kepada ribuan prajurit TNI dan Polri.

Di kota Palembang sore hari ini sebelum bertolak ke Bandung, jumlah prajurit TNI dan Polri yang mengikuti pengarahan Panglima TNI mencapai rekornya, yaitu 5.000 orang.

“Saya sudah keliling hingga Miangas dan Sebatik, di sinilah prajurit TNI dan Polri paling banyak yang mengikuti pengarahan, yaitu 5.000 orang,” ujar Panglima TNI.

Panglima TNI bersama ulama Aceh dan sekitarnya. Foto: beny adrian

Dengan kata lain, selama dua hari roadshow, empat provinsi telah dilahap Panglima TNI. Safari terakhir yaitu hari Sabtu akan berlangsung di Kota Bandung.

Tidak hanya menemui para prajurit TNI dan Polri, Panglima TNI juga melakukan silaturahim dengan para ulama di Aceh, Medan, Pekanbaru, dan Palembang. Meski jadwal sangat padat, silaturahim tetap dijalankan oleh Panglima TNI.

Seperti hari ini. Setelah memberikan pengarahan di Palembang Sport and Convention Center (PSCC) hingga sore, Panglima TNI dan Kapolri tetap bersilaturahim dengan para ulama di ruang VIP Lanud Sri Mulyono Herlambang, Palembang.

Usai Pertemuan sekitar 30 menit itu, Panglima TNI dan rombongan langsung bertolak ke Bandung.

di Aceh, Panglima TNI dan Kapolri bertemu dengan 15 ulama Aceh. Hadir di antaranya Tgk. M. Nurdin Noer (Pimpinan Rais PC NU Kabupaten Aceh Timur) dan Drs Tgk. H. Ismail Rasyid (Pimpinan Ponpes Alkhairiah Langsa Kota).

Begitu juga di Medan, hadir 10 ulama. Sementara di Pekanbaru dihadiri 11 ulama dan di Palembang 12 ulama.

Dalam setiap silaturahim dengan para ulama, Panglima TNI selalu meminta dukungan dan bantuan dari para ulama dalam menciptakan suasana tenang dan damai selama berlangungnya pemilihan kepala daerah (Pilkada) di tahun 2018 ini.

Foto bersama Panglima TNI dan Kapolri dengan ulama Pekanbaru. Foto: beny adrian

Selain membicarakan soal Pilkada, Panglima TNI juga mendiskusikan hal-hal lain terkait kondisi daerah masing-masing. Umumnya menyangkut masalah keamanan dan pertahanan. Pertemuan diakhiri dengan doa bersama.

Silaturahim dengan para ulama tidak selalu berlangsung formil. Seperti usai melaksanakan shalat Jumat di halaman kantor Gubernur Pekanbaru, Marsekal Hadi berswa-foto dengan para ulama Pekanbaru.

Silaturahim ini adalah wujud sinergitas antara ulama dan umara. Karena dalam Islam, kekompakan ulama dan umara menjadi salah satu penentu terciptanya suasana baik, aman, dan damai.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: