Slabinski, Pensiunan SEAL Akan Terima Medal of Honor atas Keberaniannya di Takur Ghar

Anggota US Navy SEAL yang memimpin operasi berisiko tinggi menyelamatkan rekannya yang terjebak di Afghanistan pada 2002, dilaporkan akan menerima Medal of Honor pada akhir bulan ini seperti diumumkan Gedung Putih.

Pensiunan Master Chief Special Warfare Operator Britt K. Slabinski akan menerima medali tertinggi militer pada 24 Mei.

Menurut Gedung Putih, Slabinski dicatat memimpin tim saat menyelamatkan anggota SEAL lainnya yaitu Petty Officer 1st Class Neil Roberts yang melompat dari helikopter MH-47 Chinook yang tersengat roket RPG pada 4 Maret 2002 di Afghanistan timur.

Operasi itu akhirnya dikenal sebagai “Pertempuran Roberts Ridge” untuk menghormati Roberts.

Tim ini awalnya memulai misi sehari sebelumnya, bertugas mendirikan pos terdepan di puncak gunung Takur Ghar sebagai bagian dari Operasi Anaconda di Lembah Shah-i-Kot Afghanistan.

Menurut Gedung Putih, Slabinski dengan berani mengumpulkan tim yang tersisa dan mengorganisir aset pendukung untuk serangan berani kembali ke puncak gunung dalam upaya menyelamatkan rekannya yang terdampar.

Setelah penyerbuan musuh kedua, Slabinski memimpin tim gabungannya yang terdiri atas enam orang di sebuah bukit bersalju, dalam serangan frontal menghadapi dua bunker di bawah siraman tembakan dari tiga arah.

Slabinski berulang kali mengekspos dirinya sehingga membahayakan dirinya dari tembakan musuh.

Tidak mungkin mengharapkan dukungan udara, dan setelah beberapa rekan timnya menjadi korban, situasi menjadi tidak bisa dipertahankan. Setelah memindahkan timnya ke posisi aman, Slabinski mengarahkan serangan udara sepanjang malam.

Saat siang tiba, ia memimpin “perjalanan yang sulit” melewati salju setinggi pinggang sementara tembakan musuh tak kunjung berhenti.

Slabinski berusaha mengobati rekannya yang terluka dan sambil membalas tembakan selama 14 jam.

Slabinski sebelumnya menerima Navy Cross untuk misi menyelamatkan rekannya dan tetap membalas tembakan selama kontak tembak yang panjang dan butal.

Slabinski akan menjadi anggota SEAL kedua yang menerima Medal of Honor dari misi Afghanistan dalam kondisi sehat.

Penerima pertama Senior Chief Special Warfare Operator Edwar Byers, menerima Medal of Honor pada Februari 2016. Ia dengan berani menyelamatkan dokter Amerika yang ditangkap Taliban.

Slabinski juga dicatat sebagai penerima hidup ke-12 Medal of Honor dari misi di Afghanistan.

Menurut biografi yang disebarkan Gedung Putih, Slabinski menjadi prajurit AL pada 1988 dan lulus latihan Basic Underwater Demolition/SEAL pada 1990.

Dia menyelesaikan sembilan misi tempur luar negeri dan 15 kali combat deployments, termasuk beberapa kali penugasan di Irak dan Afghanistan.

Slabinski pensiun sebagai direktur dari Naval Special Warfare Safety Assurance and Analysis Program setelah lebih 25 tahun berdinas.

Medali lain yang pernah diterimanya adalah Navy and Marine Corps Medal, lima Bronze Stars dengan tanda “V”, dan dua Combat Action Ribbons.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: