TNI AU Akan Bangun 2 Skadron Udara Baru di Makassar: Skadron 33 dan Skadron 9

0

KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna bahwa menegaskan pada tahun 2019, TNI AU akan membangun dua skadron udara baru.

Dua skadron tersebut akan ditempatkan di Lanud Sultan Hassanudin (HND) Makassar, masing-masing Skadron 9 (Helikopter) dan Skadron 33 (angkut).

“Rencana kedepan, di tahun 2019, akan dibentuk Skadron Udara 33 pesawat transpor dan Skadron Udara 9 Helikopter,” kata KSAU di Makassar, Rabu (30/5/2018).

Yuyu menjelaskan, pembentukan dua skadron baru itu sebagai upaya TNI AU mendukung dan mewujudkan interoperability antara satuan TNI di wilayah Sulawesi. Pembangunan itu tentu seiring dengan berkembangnya satuan di lingkungan TNI dengan dibangunnya sejumlah satuan baru di Indonesia Timur.

Seperti kita ketahui, di Makassar terdapat beberapa satuan TNI laimnya seperti Divisi Infanteri 3 Kostrad dan Lantamal VI.

Menyikapi rencana tersebut, KSAU meminta pihak Lanud HND melakukan persiapan, termasuk kesiapan sarana prasarana dan awak pesawat.

Terkait kesiapan pesawat, KSAU berharap ada sinergi yang baik antara kebutuhan kesiapan pesawat untuk melaksanakan misi dengan pelaksanaan upgrade atau perbaikan pesawat.

“Lakukan kerjasama yang baik dengan PTDI dalam proses tersebut, sehingga kita dapat mendukung dan membesarkan Industri Pertahanan Nasional sesuai kebijakan pemerintah,” tutur KSAU.

Meskipun anggaran yang dimiliki terbatas, KSAU meminta para penerbang untuk memanfaatkan jam terbang secara efektif dan efisien guna meningkatkan kemampuan penerbang dengan berpatokan kepada safety.

Seperti diberitakan sebelumnya, TNI AU akan membeli lima pesawat C-130J Hercules, yang dipertegas dengan peninjauan langsung KSAU ke Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply