Satgas Indobatt Gelar Buka Puasa Bersama Pasukan Multinasional Unifil di Lebanon

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Berbagai aktivitas dilakukan umat untuk memperbanyak ibadah dan silaturahim.

Salah satunya dengan menggelar buka puasa bersama, seperti yang dilakukan Satuan Tugas Indonesian Battalion (Satgas Indobatt) Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Forces In Lebanon) dalam misi perdamaian PBB di Lebanon.

Satgas Indobatt di bawah pimpinan Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, menggelar buka puasa bersama dengan Komandan Sektor Timur Brigadir Jenderal Jose Luis Sanchez Martines Falero.

Hadir juga Komandan Kontingen Indonesia Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo, Komandan LAF (Lebanese Armed Forces), Civil Affairs, Language Assisstances dan jajaran Komandan Satgas serta tokoh masyarakat Lebanon (Mayor dan Mukhtar) di sekitar AOR (Authority of Responsibility) Markas Indobatt, UN Posn 7-1, Adchit al Qusayr, Lebanon Selatan, Selasa malam (5/6/2018).

Menurut Letkol Arfan, buka bersama ini sekaligus ajang silaturahim antar sesama untuk mempererat persaudaraan, dengan tidak membeda-bedakan agama, suku, ras, bangsa dan negara antara masyarakat Lebanon dan seluruh pasukan Sektor Timur Unifil khususnya Indobatt.

Sambil menunggu saat berbuka puasa, kegiatan diisi dengan tari Saman dan kesenian Marawis serta pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Lettu Sus Adi Firmansyah.

Setelah waktu berbuka puasa tiba, seluruh prajurit menikmati menu buka puasa yang variatif dengan kombinasi sajian makanan tradisional Lebanon dan makanan tradisional Indonesia.

Komandan Sektor Timur Brigjen Jose Luis Sanchez Martines Falero menungkapkan, kegiatan buka bersama yang penuh kekeluargaan ini sangat diapresiasi, karena mampu meningkatkan komunikasi positif antara prajurit Indobatt dengan pasukan multinasional Unifil, LAF dan masyarakat lokal Lebanon.

“Kegiatan seperti ini juga memiliki potensi untuk memberikan kontribusi yang krusial untuk mendukung keamanan, stabilitas dan kedaulatan Lebanon,”  kata Brigjen Jose Luiz Sanches.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: