Marinir AS Terima Rantis JLTV, Sementara Ribuan HMMWV Siap Dijual Umum

Korps Marinir Amerika Serikat secara resmi menerima rantis pertama Joint Light Tactical Vehicle (JLTV), akhir Februari 2019.

Boleh dikata akhirnya jadi juga, karena Marinir telah melakukan pengujian terhadap JLTV selama beberapa tahun, lalu disetujui hingga akhirnya dibuat.

Akun Twitter resmi @USMC pada 28 Februari 2019 juga merilis berita ini: “Today, the first JLTV was fielded at the School of Infantry West. Take a look at what this bad boy can do.”

JLTV adalah program kendaraan taktis ringan yang dipimpin oleh Angkatan Darat AS.

Rantis ini sebagian akan menggantikan armada HMMWV AD dan Marinir. Dipercaya JLTV menyediakan apa yang dibutuhkan prajurit, yaitu kemampuan bertahan serta menutup kekurangan dalam hal muatan, kinerja, dan perlindungan.

JLTV tersedia dalam empat varian dengan muatan antara 3.500 hingga 5.100 pon. Rantis ini mampu dibesut pada kecepatan 70 mil per jam serta tentu saja melintasi medan ekstrem.

Sebagaimana lazimnya rantis, JLTV juga bisa diangkut menggunakan pesawat meliputi helikopter CH-47 dan CH-53 serta pesawat C-130, C-5, C-17 dan A400.

Sementara HMMWV yang digantikannya, rencana akan didemiliterisasi dan dijual melalui Equipment Exchange Program.

Program ini memungkinkan organisasi untuk bekerja dengan vendor komersial yang dapat menjual atau menggunakan kendaraan sesuai keinginan mereka.

Menurut laporan media, Korps Marinir akan menempatkan 55 JLTV pertama untuk mendukung unit-unit di lokasi pelatihan di seluruh negeri. Termasuk School of Infantry West, School of Infantry East dan Motor Transport Maintenance Instructional Company.

Sementara untuk pengiriman ke satuan operasional akan dimulai pada musim panas 2019.

Secara keseluruhan, Angkatan Darat berencana membeli 49.000 JLTV dan Korps Marinir akan membeli 9.091 unit.

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: