Penuhi Standar NATO, Rumania Tambah 5 F-16 Lagi Bekas Pakai Portugal

MYLESAT.COM – Angkatan Udara Rumania memutuskan akan membeli lima pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Portugal.

Prosedur pembelian kelima F-16 dari Portugal ini diharapkan rampung rahun ini, seperti diungkap Menhan Rumania Gabriel Les.

Dilaporkan Romania Insider pada 19 April 2019, Rumania membeli 12 F-16 A/B Block 15 MLU dari Portugal tahun 2013, dan akan membeli lima lagi untuk melengkapi 17 pesawat di skadron.

Kelima pesawat ini merupakan bekas pakai Portugal dan sudah dimodernisasi. Rumania tercatat sebagai pengguna ke-28 dari pesawat tempur F-16.

Portugal sendiri menerima F-16 pertama pada 1994 untuk menggantikan pesawat A-7P Corsair II.

Mengomentari berita bahwa AS sedang mempertimbangkan menjual pesawat tempur F-35 ke lima negara baru termasuk Rumania, Gabriel Les mengatakan bahwa saat ini akan “terlalu banyak” (a bit too much) untuk Rumania.

Menhan Les juga mengatakan bahwa dalam dua-tiga minggu ini ia akan membuat pengumuman untuk membuka blokir prosedur akuisisi empat kapal perang jenis korvet untuk Angkatan Laut.

Prosedur pengadaan publik untuk kontrak 1,6 miliar EUR untuk pembelian empat korvet baru ditangguhkan Januari tahun ini karena dugaan penyimpangan.

Setelah transfer ini selesai, Rumania akan berupaya menambah 36 F-16 lagi melalui transfer dari AS atau stok negara sahabat lainnya.

Dalam jangka panjang Rumania berharap mendapatkan pesawat tempur generasi kelima, yang kemudian akan berfungsi sebagai pengganti F-16.

Karena armada MiG-21 sudah menua dan MiG-29 sudah dipensiunkan, AU Rumania memang harus segera menggantinya dengan pesawat tempur standar NATO.

Tahun 2013, Rumania membuat kontrak dengan Portugal untuk pembelian 12 pesawat tempur F-16 A/B Block 15 MLU.

Sekitar setahun kemudian, Rumania mengirim enam penerbang untuk melaksanakan latihan sentrifugal di San Antonio, Texas.

Enam pesawat pertama sudah diterima dan dioperasikan sejak Oktober 2016. Sementara sisanya tiga pesawat dikirim bulan Desember. Tiga pesawat terakhir mulai beroperasi tahun 2017.

Di samping 12 F-16 dari Portugal, otoritas Rumania berniat membeli setidaknya 24 F-16 lainnya, kemungkinan dari Block 50.

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: