Yes, TNI AU Segera Bangun Satuan Rudal NASAMS di Teluk Naga untuk Lindungi Jakarta

0

MYLESAT.COM – Sepertinya akan segera terealisasi, Ibukota Jakarta akan mempunyai payung satuan rudal seperti tahun 1960-an.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meninjau pembangunan infrastruktur Satuan Peluru Kendali (Satrudal) di Teluk Naga Tangerang, Banten, Rabu (5/8).

Seperti sudah ramai diberitakan, TNI AU akan dilengkapi sistem rudal NASAMS dari Norwegia. NASAMS singkatan dari Norwegian Advanced Surface to Air Missile System.

Pembelian sistem rudal ini dilakukan tahun 2017 dari Norwegia sekitar 10 juta dolar AS yang dibiayai dari kredit ekspor.

Dalam kunjungannya, Marsekal Fadjar mengatakan bahwa TNI AU akan terus mengembangkan sistem keamanan dan pertahanan udara termasuk pembangunan Satuan Peluru Kendali (Satrudal) dengan tetap memperhatikan faktor taktisnya.

“Pembangunan sarana dan prasarana Satrudal TNI AU dapat dikerjakan dengan baik, sehingga dapat difungsikan sesuai standar,” tegas KSAU.

Dalam kunjungannya di Satrudal TNI AU Teluk Naga, KSAU menerima paparan dari Kasubdis Rudal Diskomlekau dilanjutkan peninjauan fasilitas pendukung.

Di antaranya perkantoran, gudang amunisi, peluncur rudal, pos komando, instalasi listrik, ruang briefing dan pembangunan perumahan.

Satrudal NASAMS TNI AU merupakan sistem pertahanan udara untuk melindungi Jakarta dengan persenjataan rudal jarak sedang.

Sistem NASAMS terdiri dari radar, peluncur rudal, dan pos komando. Untuk mengeksekusi ancaman, sistem NASAMS dapat meluncurkan rudal AIM-20 AMRAAM.

Pertanyaan menggelitik, apakah sistem NASAMS juga akan dibangun di ibukota baru di Kalimantan? Mengingat saat proses pengadaan rudal ini belum ada wacana pemindahan ibukota.

Share.

About Author

Leave A Reply