Suku Togutil yang Masih Terasing, Ditemui Satgas Yonarmed 9 Kostrad di Halmahera Utara

0

MYLESAT.COM – Di daerah Halmahera, Maluku Utara, terdapat kelompok pedalaman yang disebut Suku Togutil (dikenal juga sebagai Suku Tobelo Dalam).

Dikutip wikipedia, mereka adalah komunitas etnis yang hidup di hutan-hutan secara nomaden di sekitar hutan Totodoku, Tukur-Tukur, Lolobata, Kobekulo dan Buli yang termasuk dalam Taman Nasional Aketajawe-Lolobata, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

Sebenarnya orang Togutil sendiri tak ingin disebut Togutil karena nama itu bermakna “terbelakang”.

Karena itulah Satgas Yonarmed 9 Kostrad yang dalam salah satu kegiatan pembinaan teritorialnya memberikan bantuan logistik kepada Suku Togutil di pedalaman Halmahera Timur.

Kegiatan ini disamaikan dalam rilis resmi yang dikeluarkan Komandan Satgas, Mayor Arm Andi Achmad Afandi di Tobelo (5/8).

Dansatgas menjelaskan bahwa personel Pos 6 Buli SSK III melaksanakan anjangsana ke Kampung Suku Togutil.

Pada kesempatan tersebut personel Satgas Yonarmed 9 Kostrad menjalin silaturahmi kepada penduduk kampung. Selain itu personel Satgas Yonarmed 9 Kostrad juga mendistribusikan logistik.

Satgas Yonarmed 9 Kostrad memberikan wawasan kepada orang tua Suku Togutil untuk membimbing anaknya untuk belajar dan bersekolah serta hidup berbaut dengan masyarakat.

Harapannya agar Suku Togutil yang mengisolasi diri dari peradaban modern ini perlahan-lahan mau bergabung sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupannya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Satgas Yonarmed 9 Kostrad kepada masyarakat terpencil yang berada di Maluku Utara. Kami berharap dengan bantuan dan perhatian yang kami berikan dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat tersebut,” ujar Komandan Satgas.

Share.

About Author

Leave A Reply