Panglima TNI Perintahkan Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga Bantu Tegakkan Protokol Kesehatan

0

MYLESAT.COM – Virus Corona yang menimbulkan penyakit Covid-19 hanya bisa dikendalikan dengan kedisiplinan. Disiplin itu mulai dari pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, dan tidak berkerumun.

Hanya saja menjaga kedisiplinan ini menjadi pekerjaan rumah besar di sejumlah negara termasuk Indonesia. Warga seperti cuek dan tidak takut tertular, meskipun sadar belum ada vaksin untuk Covid-19.

Karena itulah, sebagai sebuah upaya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memerintahkan para bintara pembina wilayah dari ketiga angkatan untuk membantu penegakan disiplin protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ketiga kelompok bintara itu yaitu Babinsa (Bintara Pembina Desa) TNI AD, Babinpotmar (Bintara Pembina Potensi Maritim) TNI AL, dan Babinpotdirga (Bintara Pembina Potensi Dirgantara) TNI AU.

Penegasan itu disampaikan Panglima TNI saat memimpin rapat virtual dengan seluruh jajaran TNI terkait evaluasi pelaksanaan pendisiplinan protokol kesehatan termasuk tindak lanjut Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (7/8).

Panglima TNI menyampaikan bahwa pada 4 Agustus 2020, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Inpres Nomor 6 Tahun 2020.

Kebijakan ini sangat diperlukan karena tren kasus positif di Indonesia belum melandai dan rasio angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia berada pada angka 4,65%.

Untuk itu, seluruh Pangkotama dan Komandan Satuan Kewilayahan agar melaksanakan koordinasi yang baik dengan Forkopimda serta komponen lainnya untuk merumuskan implementasi Instruksi Presiden di wilayahnya masing-masing.

Termasuk di antaranya setiap satuan untuk menggerakkan Babinsa TNI AD, Babinpotmar TNI AL, dan Babinpotdirga TNI AU.

Hal tersebut bertujuan agar para Babinsa dapat maksimal menguasai wilayahnya masing-masing sesuai tugas pokok sebagai unsur pelaksanaan Koramil, Pos TNI AL, dan Lanud yang bertugas melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah pedesaan/kelurahan.

Disamping itu juga para komandan satuan kewilayahan agar melaksanakan koordinasi secara intens dengan Polri dan instansi terkait lainnya untuk menggiatkan patroli penerapan protokol kesehatan di masyarakat khususnya di ruang publik.

Panglima TNI menekankan seluruh satuan agar prajurit dan PNS TNI melaksanakan protokol kesehatan secara baik dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk di lingkungan kantor satuan masing-masing.

Share.

About Author

Leave A Reply