Dekati Wilayah Udara Inggris, Jet Tempur Typhoon Mengejar 2 Tu-142 Bear F Rusia

0

MYLESAT.COM – Scramble, jet tempur Eurofighter Typhoon dari Angkatan Udara Ingsris (RAF) diterbangkan cepat pagi, Sabtu (28/11) untuk mencegat dua pesawat antikapal selam Tu-142 Bear F Rusia dan pesawat patroli maritim yang beroperasi di Laut Utara dekat wilayah udara Inggris.

Typhoon diterbangkan dari RAF Lossiemouth sesaat sebelum pukul 8 pagi, bergabung dengan pesawat tanker RAF Voyager dari RAF Brize Norton yang memberikan dukungan pengisian bahan bakar di udara untuk Typhoon.

Baca Juga: 

Dalam insiden ini, Typhoon hanya membayangi kedua Bear Rusia dan memantau pergerakannya dengan cermat.

Menurut pernyataan RAF disebutkan bahwa aksi membayang-bayangi itu dimaksudkan “untuk mencegah aktivitas provokatif dan mengurangi risiko terkait dengan pesawat militer Rusia yang terbang di wilayah udara internasional yang sibuk.

Dalam misi pencegatan ini, tanker Voyager hanya bersiaga dari jarak relatif jauh.

“Jika situasi berkembang atau ancaman potensial lainnya muncul, kemampuan Voyager untuk mengisi bahan bakar di udara sangat membangtu untuk memastikan Typhoon kembali mencegat target.

Insiden berakhir pada sore hari. Typhoon kembali ke RAF Lossiemouth dan Voyager ke RAF Brize Norton.

Dalam kejadian ini, sekutu NATO lainnya juga meluncurkan aset Quick Reaction Alert (QRA) untuk membantu memantau pesawat Rusia ini.

Pengendali udara dari RAF Scampton mengoordinasikan misi bekerja sama dengan mitra NATO di Combined Air Operations Centre (CAOC) di Uedem, Jerman.

Share.

About Author

Leave A Reply