USCG Terima HC-144B Ocean Sentry ke-9 Setelah Dimodifikasi dengan Sistem Misi Canggih untuk Operasi SAR

0

MYLESAT.COM – Pasukan Penjaga Pantai AS (USCG) menerima pengiriman pesawat intai jarak menengah HC-144B Ocean Sentry kesembilan (16/12). Pesawat yang dikembangkan dari varian militer Airbus CN235 ini dilengkapi dengan Ocean Sentry Refresh (OSR) modifikasi dan sistem misi Minotaur.

Modifikasi pesawat dengan kode CGNR 2310 ini diselesaikan di Aviation Logistics Center di Elizabeth City, North Carolina. Pesawat tersebut berpangkalan di Coast Guard Air Station Miami.

Lalu apa itu OSR?

HC-144B Ocean Sentry dimodifikasi dengan sistem yang terintegrasi. Foto: @maxhocom

Proyek OSR adalah upaya meningkatkan kemampuan pesawat dengan menanam sistem manajemen penerbangan terbaru, yang mengelola kontrol komunikasi, navigasi, dan pemantauan peralatan.

Setelah peningkatan OSR selesai, setiap pesawat dirancang ulang sebagai HC-144B.

Sementara Minotaur mengintegrasikan sensor dan radar yang terpasang dan menyediakan fusi data yang ditingkatkan secara dramatis serta kemampuan pemrosesan dan berbagi informasi.

Peningkatan kemampuan HC-144 kesepuluh dijadwalkan selesai Juni 2021. USCG berencana akan meningkatkan 18 pesawat HC-144B Ocean Sentry yang dimiliki pada 2024.

Tampilan kokpit HC-144B Ocean Sentry. Foto: @maxhocom

HC-144 Ocean Sentry digunakan USCG untuk melaksanakan misi pencarian dan penyelamatan (SAR) dan patroli maritim.

Sejatinya pesawat ini dikembangkan dari CN235-300MP Persuader, yaitu versi patroli maritim dari CN235 buatan Airbus.

Pesawat yang dibeli sebagai Medium Range Surveillance Aircraft ini menjadi bagian dari Coast Guard’s Integrated Deepwater System Program.

Oleh USCG, armada HC-144A telah dilibatkan dalam 3.500 misi SAR yang menyelamatkan 620 nyawa dan mendukung 8.400 misi penegakan hukum termasuk 890 misi pencegahan narkoba.

Ruang misi di dalam kabin Ocean Sentry. Foto: @maxhocom

Pada tahun 2022, armada Ocean Sentry diharapkan mencapai 200.000 jam terbang.

Armada HC-144A Ocean Sentry beroperasi di Stasiun Udara Penjaga Pantai di Cape Cod, Massachusetts; Mobil di Alabama, Corpus Christi di Texas, dan Miami.

Share.

About Author

Leave A Reply