Ada Apa? Angkatan Udara Singapura Kirim Sejumlah Pesawat Tempur ke Guam

0

MYLESAT.COM – Angkatan Udara Republik Singapura mengirimkan sejumlah pesawat ke Andersen Air Force Base, Guam pada 24 Mei 2021. Jarak dari Singapura ke Guam yang berada di Samudera Pasifik sekitar 2.926 mil (4.707 km), yang bisa ditempuh dalam 6 jam penerbangan.

Bagian penerangan 36th Wing USAF (Angkatan Udara Amerika Serikat) di Guam menyampaikan bahwa, Angkatan Udara Singapura telah mengerahkan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dan F-15SG Strike Eagle serta pesawat G550 AEW&C (Airborne Early Warning & Control) ke Andersen Air Force Base.

Pengiriman sejumlah pesawat ini dilakukan dalam rangka mengikuti latihan bilateral untuk awak pesawat dan personel pemeliharaan untuk meningkatkan interoperabilitas dan menumbuhkan kemitraan regional.

“Kami menyambut baik kedatangan RSAF dan kesempatan untuk lebih meningkatkan kerja sama dan meningkatkan kemampuan masing-masing secara bersama,” kata Brigjen Jeremy T. Sloane, komandan 36th Wing.

Pengiriman pesawat ini merupakan kelanjutan latihan yang sudah berjalan lama di Guam, setelah RSAF melakukan latihan bilateral dengan Korps Marinir AS pada awal 1990-an.

Terakhir pada 2019, RSAF dikerahkan ke Andersen untuk melaksanakan latihan.

“Berpartisipasi dalam latihan bilateral dengan mitra Pasifik kami memperkuat komitmen AS untuk kawasan Indo-Pasifik dan meningkatkan kekuatan gabungan kami,” lanjut Sloane.

Pada Desember 2019, mantan Menteri Pertahanan AS Mark T. Esper dan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen menandatangani Nota Kesepahaman yang tidak mengikat untuk membentuk detasemen latihan tempur permanen Angkatan Udara Singapura di Guam.

Kehadiran detasemen latih RSAF yang akan dimulai sekitar tahun 2029, akan terdiri dari sekitar satu skadron pesawat dan personel terkait, termasuk pembangunan hanggar, apron, dan fasilitas pendukung untuk detasemen.

Kehadiran pesawat tempur Singapura di Guam akan memberikan lebih banyak kesempatan berlatih dan peluang kerja sama yang akan meningkatkan interoperabilitas Angkatan Udara kedua negara dan memperkuat hubungan pertahanan AS-Singapura.

Selama ini RSAF sudah beroperasi di pangkalan Angkatan Udara AS lainnya.

425th Fighter Squadron menerbangkan F-16 dari Luke AFB, Arizona; 428th FS menerbangkan F-15SG dari Mountain Home, Idaho; dan RSAF juga mengoperasikan helikopter AH-64D Apache dari Silverbell Army Heliport di Marana, Arizona.

Share.

About Author

Leave A Reply