F-16 Fighting Falcon TNI AU dan USAF Akan Berlaga dalam Latma Cope West 2021 di Pekanbaru

0

MYLESAT.COM – Kerja sama militer antara TNI AU dan Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) kembali berlanjut, setelah sempat terhenti karena pandemi global. Direncanakan pada Senin, 14 Juni 2021, TNI AU dan USAF akan menggelar Latihan Bersama Cope West 2021 di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Dikutip tni-au.mil.id, Latma Cope West 2021 akan melibatkan sejumlah jet tempur F-16 Fighting Falcon dari kedua negara.

“Sejumlah personel dan peralatan USAF sudah mulai berdatangan di Lanud Roesmin Nurjadin, sementara pesawat F-16 akan segera tiba dalam beberapa hari ke depan, dan diagendakan latma ini akan dibuka secara resmi pada Senin mendatang,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos.

Tim advanced dari USAF sudah tiba di Pekanbaru menggunakan pesawat C-17 Globemaster III pada Selasa kemarin.

Latma Cope West 2021merupakan ajang latihan pertempuran udara menggunakan pesawat tempur F-16. Karena dilaksanakan di Pekanbaru, tentu saja TNI AU mengerahkan pesawat F-16 dari Skadron Udara 16.

Latihan seperti ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan, wawasan dan saling berbagi pengalaman antar personel penerbang dan teknisi pesawat tempur F-16 kedua angkatan udara.

Selain untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas personel kedua angkatan udara, Cope West 2021 juga menjadi ajang meningkatkan kerja sama militer antara kedua negara bersahabat ini, khususnya TNI AU dan USAF.

Latma Cope West 2021 rencananya akan berlangsung selama dua minggu.

Pesawat angkut C-17 Globemaster III mendarat di Pekanbaru untuk membawa tim pendahulu USAF dalam Latma Cope West 2021. Foto: Dispenau

Cope West adalah latihan udara taktis bilateral yang disponsori Angkatan Udara Pasifik yang melibatkan Angkatan Udara AS dan Indonesia.

Latihan ini dirancang untuk meningkatkan interoperabilitas antara Angkatan Udara Indonesia dan AS; memungkinkan pertukaran teknik yang berkaitan dengan pengangkutan udara, pengiriman udara-darat dan airdrop khusus untuk pesawat AS dan Indonesia; dan mempromosikan kerjasama dan kesatuan tujuan.

Cope West digawangi oleh Pacific Air Forces (PACAF) sebagai komponen dari United States Indo-Pacific Command (USINDOPACOM).

PACAF berkantor di Joint Base Pearl Harbor–Hickam, Hawaii. PACAF merupakan satu dari dua komando utama berskala besar yang dioperasikan USAF di luar benua. Komando kedua adalah United States Air Forces in Europe – Air Forces Africa.

Selama lebih dari 65 tahun, PACAF telah melaksanakan begitu banyak misi tempur di Korean, Vietnam, Operations Desert Storm, Southern Watch, Northern Watch, Enduring Freedom, dan Iraqi Freedom.

Sejatinya sangat banyak macam latihan yang dilaksanakan USAF di kawasan Indo Pasifik. Di anataranya Cope North dengan Jepang, Cope Tiger dengan Thailand, dan Cope West dengan Indonesia.

Belum disebutkan dari kesatuan apa pesawat tempur F-16 USAF yang akan dilibatkan dalam latihan Cope West 2021.

Namun diketahui bahwa PACAF mengoperasikan sejumlah skadron F-16 di kawasan Indo Pasifik. Terdiri dari:

  • Seperti 35th Fighter Wing di Misawa Air Base, Jepang, mengoperasikan F-16CJ/DJ.
  • 8th Fighter Wing di Kunsan Air Base, Korea Selatan mengoperasikan F-16C/D.
  • 51st Fighter Wing di Osan Air Base, Korea mengoperasikan F-16C/D.
  • 354th Fighter Wing di Eielson AFB, Alaska yang mengoperasikan F-16C/D.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply