Tertunda 14 Tahun, Angkatan Laut Korea Selatan Akhirnya Operasikan Kapal Serbu Amfibi Kedua

0

MYLESAT.COM – Senin (28/6/2021) menjadi hari yang spesial bagi Angkatan Laut Korea Selatan (ROK). Sebuah kapal serbu amfibi (amphibious assault ship) kedua dari kelas Dokdo yang diberi nama ROKS Marado (LPH-6112), resmi memperkuat armada Korea.

Landing Platform Helicopter (LPH) ini dengan panjang 199 meter dan lebar 31 meter ini, ditempatkan di Jinhae Naval Base.

ROKS Marado awalnya direncanakan akan memasuki masa penugasan pada 2010. Namun karena krisis ekonomi 2008, kapal kedua dari kapal serbu amfibi kelas Dokdo ini dibatalkan.

Pada 2012 anggaran pembuatannya dipulihkan setelah muncul ketegangan di wilayah tersebut. Kapal serbu amfibi kelas Dokdo kedua akhirnya ditugaskan 14 tahun setelah kembarannya melaut.

Menurut Xavier Vavasseur dari Navalnews.com, ROKS Marado memiliki bobot kosong 14.800 ton, dan menjadi 19.000 ton pada saat kondisi terisi penuh.

Kapal ini diawaki oleh 330 pelaut dan mampu membawa 720 marinir, 6 MBT, 7 KAAV, 2 LCAC, dan 7 hingga 12 helikopter seperti MUH-1 dan helikopter MAH yang baru-baru ini dipilih.

Sejumlah sistem baru yang ditanama di ROKS Marado. Foto: ROK

Urusan persenjataan, Marado dilengkapi 4 sel KVLS (Korean Vertical Launching System) yang mampu meluncurkan total 16 K-SAAM (rudal permukaan ke udara) Sea Bow, dan dua sistem senjata jarak dekat (CIWS) Phalanx Block 1B.

Kapal juga dilengkapi sistem decoy K-Dagaie NG dengan decoy generasi terbaru SEALEM dan SEALIR yang dikembangkan oleh Lacroix.

Angkatan Laut Korea Selatan akan secara resmi mengerahkan ROKS Marado setelah menjalani serangkaian tes Initial Operational Capability  (IOC) untuk awak kapal dari Juli hingga Desember tahun ini.

Tahun depan, Angkatan Laut Korea Selatan yang sekarang memiliki dua kapal serbu amfibi yaitu ROKS Dokdo dan Marado, akan mempertimbangkan untuk mengerahkan kedua kapal mengikuti latihan tahunan yang disebut MIDCRU (Midshipman Cruising).

Selain itu, media lokal melaporkan bahwa Angkatan Laut sedang mempertimbangkan untuk menggunakannya sebagai kapal induk untuk menyambut kapal induk Angkatan Laut Kerajaan Inggris HMS Queen Elizabeth yang akan mengunjungi Komando Armada ROK di Busan pada Agustus dan September 2021.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply