Lockheed Martin Luncurkan C-130J Super Hercules Pertama dari 6 Pesanan Angkatan Udara Jerman

0

MYLESAT.COM – Pemasok senjata nomor satu Pentagon yaitu Lockheed Martin Corp, meluncurkan pesawat C-130J Super Hercules milik Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe) pada Kamis (22/7/2021). Ini adalah pesawat pertama dari enam yang dipesan.

C-130J dengan lima pesawat angkut lainnya yang dipesan Luftwaffe, akan menjadi bagian dari skadron gabungan Perancis-Jerman di pangkalan udara Evreux, Perancis.

Menurut pemberitahuan resmi pada 4 Mei 2021 oleh Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DSCA) Pentagon, penjualan ke Jerman bernilai 1,4 miliar dolar AS. Detailnya terdiri dari tiga pesawat berbadan panjang C-130J-30 dan tiga tanker KC-130J.

Saat ini penerbang Jerman sedang dilatih dengan C-130J di Little Rock Air Force Base di Arkansas, Amerika Serikat dan di Ramstein Air Base, Jerman.

Jerman membutuhkan kehadiran pesawat angkut C-130J guna menambah armada yang awalnya direncanakan 53 pesawat Airbus A400M. Rencana ini juga untuk mengantisipasi kesenjangan kemampuan yang akan muncul mulai tahun 2021 ketika Jerman menghentikan armada C-160 Transall.

Kehadiran C-130J Super Hercules akan memberikan peningkatan kinerja yang signifikan dan kemampuan operasional tambahan yang diterjemahkan langsung ke dalam peningkatan efektivitas pertempuran darat dan udara.

Skadron gabungan Perancis dan Jerman ini diperkuat 10 pesawat Super Hercules. Pada 2018, Jerman mengumumkan pembelian enam C-130J Super Hercules untuk dioperasikan dalam kemitraan dengan Perancis.

Perancis telah menerima total empat Super Hercules melalui Foreign Military Sale dengan pemerintah AS. C-130J Super Hercules Perancis dioperasikan bersama dengan armada C-130H yang sudah ada.

Awak udara dan pemeliharaan C-130J Super Hercules kedua negara, akan dilatih di fasilitas yang berlokasi di Perancis, dibangun dan dilengkapi oleh Lockheed Martin.

Lockheed Martin akan menyediakan peralatan pelatihan, sistem manajemen pembelajaran, dan kebutuhan lainnya selama lima tahun di bawah kontrak direct commercial sale.

Lockheed Martin akan memulai pelatihan di pusat pelatihan pada tahun ini. Sementara awak pesawat dan teknisi akan memulai pelatihan di pusat tersebut pada 2024.

Pusat pelaithan berlokasi di Evreux-Fauville Air Base di wilayah Normandia, Perancis. Pelatihan untuk kedua jenis pesawat yaitu C-130J-30 airlifter dan KC-130J tanker, dilaksanakan di lokasi yang sama.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply