8 Jet Tempur F-16 dan 6 Helikopter TNI AU, Akan Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-76

0

MYLESAT.COM – Untuk kedua kalinya, Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan ke-76 dalam suasana pandemi Covid-19. Namun dengan semangat untuk meraih kemenangan, peringatan tahun ini akan jauh lebih spesial karena dimeriahkan demo udara pesawat TNI AU.

Baca Juga: 

Setidaknya dua minggu terakhir, TNI AU sudah menyiapkan tampilan spesial untuk memeriahkan upacara HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76, yang akan digelar secara terbatas di Istana Merdeka.

Setidaknya demo udara yang akan ditampilkan, bisa menjadi penenang dan penyemangat Bangsa yang tengah berjuang melawan pandemi.

Sebanyak delapan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dan enam helikopter siap memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 pada 17 Agustus 2021.

Latihan telah dilakukan secara bertahap dari tingkat skadron masing-masing. Maka sejak Jumat (13/8/2021), telah dilaksanakan gladi bersama di Lanud Halim Perdanakusuma, yang menjadi hub demo udara.

Kedua unsur pelaksana demo udara yaitu F-16 dan helikopter, sudah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma. 

Saat Hari Kemerdekaan nanti, delapan F-16 akan melaksanakan flypast. Sementara enam helikopter akan melaksanakan penerbangan Giant Flight Merah-Putih Underslung. Secara bergantian, kedua elemen akan melintas di Tugu Monas, Jakarta.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyampaikan, pelaksanaan geladi merupakan persiapan sebelum tampil pada 17 Agustus 2021.

Formasi arrow head helikopter TNI AU membawa bendera Merah Putih raksasa melintas ibukota Jakarta dalam sesi latihan. Foto: Dispenau

Menurut Indan, geladi telah melibatkan seluruh pesawat sesuai jumlah yang akan tampil pada hari pelaksanaannya nanti.

“Untuk flypast melibatkan delapan pesawat tempur F-16, sementara untuk Penerbangan Giant Flag Merah-Putih Underslung dilaksanakan oleh enam helikopter. Hari ini semuanya telah melaksanakan geladi,” jelas Kadispenau saat itu.

Delapan pesawat tempur F-16 berasal dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 16. Pesawat akan melaksanakan flypast dengan formasi Arrow Head pada ketinggian 1.000 kaki.

Delapan pesawat tempur akan melaksanakan maneuver bomb burst tepat di atas Istana Merdeka, tempat dilaksanakannya Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI.

Misi penerbangan dengan callsign “Garuda Flight” ini dipimpin (flight leader) oleh Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto yang merupakan Komandan Skadron Udara 3, Lanud Iswahjudi.

Sementara Penerbangan Giant Flag Merah-Putih Underslung dengan call sign “Nusantara Flight”, dipimpin oleh Letkol Pnb Akhmad M. Mulyono yang keseharian menjabat sebagai Danskadron Udara 6.

Misi penerbangan dibagi dalam dua elemen, dengan tiga helikopter untuk masing-masing elemennya. Kedua elemen penerbangan, akan mengibarkan bendera Merah Putih ukuran raksasa, 30×20 meter.

Keenam helikopter yang dilibatkan terdiri dari satu helikopter EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8 dan tiga NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, serta dua helikopter NAS-332 L1 Super Puma dari Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma

Geladi yang dilaksanakan dari pagi hingga siang, dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah, seluruh pelaksanaan geladi pada hari ini dapat terselenggara dengan aman, baik dan lancar. Pelaksanaan latihan berikutnya akan dilaksanakan pada 14 dan 15 Agustus 2021,” pungkas Marsma Indan.

Sampai hari ini, Sabtu (14/8/2021), pesawat-pesawat TNI AU terlihat melintas di beberapa wilayah udara di Ibukota Jakarta. Gemuruh mesin jet F-16 Fighting Falcon seperti membakar semangat kita untuk bersama-sama melawan Covid-19.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply