Penganugerahan Wing Kehormatan Penerbang TNI AU, Ketua DPR-RI Puan Maharani Mampu Tahan Sampai 4,6 G

0

MYLESAT.COM – Meski mengajukan cukup banyak pertanyaan saat briefing sebelum terbang, Ketua DPR-RI Puan Maharani ternyata tidak kalah hebat saat bermanuver di pesawat T-50i Golden Eagle Skadron Udara 15 TNI AU. G-force atau gaya G (gravitasi) yang menakutkan di pesawat tempur, sanggup ditahan Puan. 

“Apakah tadi merasakan G (gravitasi) Ibu Puan,” sapa KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo setelah Puan turun dari pesawat T50i Golden Eagle TT-5010 yang diterbangkan Letkol Pnb Dharma Gultom.

Sambil menggamit Letkol Gultom untuk menjelaskan, Puan seperti meminta alumni AAU 2002 ini untuk menjelaskannya.

“Sampai 4,6 G KSAU,” ujar Gultom kepada KSAU yang langsung dibuat kagum.

KSAU mendampingi keempat pejabat menggunakan pesawat F-16. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Begitulah suasana bahagia sejumlah pejabat tinggi negara yang merasakan joy flight dengan pesawat tempur TNI AU siang ini, Selasa (5/10/2021).

Empat pejabat tinggi yang mendapatkan kehormatan siang ini, mampu mengikuti penerbangan dengan baik dan selamat.

Empat pejabat tinggi yang mengikuti penerbangan siang ini adalah Ketua MPR RI, H. Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI, Dr (H.C) Puan Maharani, KSAL Laksamana TNI Yudho Margono, dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo.

Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, KSAL, dan Kapolri melaksanakan penerbangan selama hampir satu jam menggunakan pesawat T-50i. Sementara KSAU “mengawal” special flight ini dari pesawat F-16 yang diterbangkan Letkol Pnb Agus Dwi Ariyanto.

Para pejabat penerima Wing Kehormatan Penerbang melaksanakan terbang backseat yang didampingi penerbang TNI AU menggunakan pesawat temput T-50i.

Panglima TNI menyematkan Wing Kehormatan Penerbang kepada Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Meski harus buru-buru usai mengikuti upacara HUT TNI di Istana Negara, toh kesemuanya mengikuti acara dengan semangat. Khususnya Puan Maharani, Panglima TNI, dan Kapolri, yang baru kembali tadi malam dari mengikuti kunjungan Presiden Jokowi di Papua selama empat hari. Jet lag pun sepert itidak dirasakan.

Setelah merasakan terbang dengan pesawat tempur, keempat pejabat tinggi ini menerima penganugerahan Wing Kehormatan Penerbang Kelas I dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Brevet Wing Kehormatan Penerbang ini disematkan Panglima TNI kepada keempat pejabat di apron Lanud Halim Perdanakusuma.

Selain menerima brevet, keempat pejabat penerima Wing Kehormatan Penerbang ini juga mendapatkan penghargaan dan plakat dari KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

KSAU memberikan penghargaan dan plakat kepada Kapolri. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Penganugerahan Wing Kehormatan Penerbang ini sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa dan kerja sama serta dukungan yang diberikan selama ini dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara.

Penerimaan Wing Kehormatan Penerbang Kelas I ini tertuang dalam Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Kep 321/IX/2021 tentang Pemberian Hak untuk Menerima dan Memakai Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI Angkatan Udara yang ditanda tangani langsung oleh Kasau, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply