Masih Dipertimbangkan Kongres, Turki Minta Penjualan 40 Jet Tempur F-16 dari AS

0

MYLESAT.COM – Turki dilaporkan telah meminta AS untuk menjual 40 jet tempur F-16 Fighting Falcon sebagai bagian dari inisiatif untuk meningkatkan angkatan udara negara itu. Kesepakatan yang diajukan juga mencakup pembelian sekitar 80 kit modernisasi untuk F-16 Turki yang ada.

Sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada Reuters bahwa akuisisi sedang dikerjakan melalui proses penjualan militer asing (FMS) AS.

Kesepakatan bernilai miliaran dolar AS itu memerlukan persetujuan dari Departemen Luar Negeri dan Kongres AS, yang memiliki wewenang untuk memblokir.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan bawah sebagai masalah kebijakan, pihaknya tidak mengonfirmasi atau mengomentari penjualan atau transfer pertahanan yang diusulkan sampai secara resmi diberitahukan kepada Kongres.

Berita permintaan F-16 Turki ini pertama kali dilaporkan oleh media pertahanan Yunani Defense Review.

Langkah untuk membeli pesawat tempur F-16 Fighting Falcon buatan Lockheed Martin dan sekitar 80 kit modernisasi untuk pesawat yang ada, mengikuti kesepakatan F-35 yang gagal antara Turki dan AS.

Pada Juli 2019, AS mengeluarkan Turki dari program jet tempur F-35 Lightning II JSF sebagai pembalasan atas negara yang menerima pengiriman sistem rudal S-400 Rusia.

Mei tahun lalu, Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS (GAO) menemukan bahwa pengusiran Turki dari program F-35 memperburuk kekurangan suku cadang yang dapat memengaruhi langkah pesawat tempur ke produksi tingkat penuh.

Untuk diketahui, sekitar 900 suku cadang untuk pesawat tempur F-35 dibuat di Turki.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply