Panglima TNI Lantik 122 Perwira Karier Khusus Tenaga Kesehatan: Mereka Adalah Jantung Sistem Kesehatan Nasional

0

MYLESAT.COM – Tenaga kesehatan merupakan jantung dari sistem kesehatan nasional. Begitulah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan apresiasi kepada tenaga kesehatan. Tenaga kesehatan telah menjadi profesi yang paling dibutuhkan sejak pandemi melanda dunia.

Sebanyak 122 Perwira Prajurit Karier Tenaga Kesehatan TNI dilantik Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (12/11/2021). Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah dilaksanakan secara langsung di lapangan Plaza Mabes TNI.

Upacara ini dihadiri KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono.

Dari 122 perwira yang dilantik, sebanyak 20 personel akan memperkuat TNI AU yang terdiri dari 18 pria dan 2 wanita.

Sebagai lulusan terbaik dari TNI AU adalah Letda Kes dr. Nadief Akbar Azzami yang mendapat penghargaan Trisura Jalu Wiratama.

KSAU menghadiri pelantikan Perwira Prajurit Karier Tenaga Kesehatan TNI. Foto: Dispenau

Program Pendidikan Pa PK TNI Khusus Tenaga Kesehatan yang bersumber dari sarjana dan diploma, direkrut untuk menjadi prajurit TNI sebagai salah satu upaya pemenuhan tenaga kesehatan guna mendukung tugas pokok TNI.

Dalam amanatnya Panglima TNI mengatakan, tenaga kesehatan merupakan jantung dari sistem kesehatan nasional. Oleh karena itu diperlukan perhatian kepada pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan, guna menjamin pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Panglima TNI mengatakan, dewasa ini kesehatan menjadi faktor yang sangat strategis bagi penduduk dunia. Pandemi tidak hanya merenggut korban jiwa. Pandemi telah memporak-porandakan berbagai sisi kehidupan masyarakat selaku makhluk sosial.

Ratusan juta orang telah terinfeksi dan jutaan juga jumlah korban jiwanya. Jutaan orang kehilangan pekerjaan dan banyak pelaku usaha yang terdampak.

“Saudara-saudara adalah prajurit TNI yang mendapat kehormatan untuk merasakan penugasan di masyarakat secara langsung saat masih dalam pendidikan. Para perwira melihat dan mengalami sendiri betapa kehadiran prajurit TNI sangat diperlukan untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat,” tegas Panglima TNI.

Pa PK TNI 2021 ini memiliki kelebihan karena sudah diturunkan ke medan penugasan untuk membantu penanganan pasien Covid-19. Foto: Dispenau 

Disaat yang sama juga dilantik 62 perwira TNI AD yang terdiri dari 43 pria dan 19 wanita, lulusan terbaiknya diraih Letda (CKM) dr. Lambang Ksatria Bregas yang mendapat penghargaan Trisura Jalu Wiratama dan Letda (CKM) Kowad dr. Made A Sinta Mahastuti yang mendapat penghargaan Trisura Wanodya Wiratama.

Sedangkan 40 perwira TNI AL yang terdiri dari 34 pria dan 6 wanita, lulusan terbaiknya diraih Letda Kes dr. Wiliam Sugiharto.

Hadir pada acara tersebut KSAL, KSAL, Wakil KSAD, Irjen TNI, Komandan Kodiklat TNI, dan para Asisten Panglima TNI.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply