Pertama Kalinya, Brigif Para Raider 18/Trisula Kostrad Laksanakan Latihan Accelerated Free Fall

0

MYLESAT.COM – Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad, menutup Latihan AFF (Accelerated Free Fall) Brigif Para Raider 18/Trisula Kostrad TA 2021 di Lapangan Terbang Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten (13/11/2021).

Latihan AFF merupakan program untuk menciptakan prajurit dengan kemampuan Terjun Bebas sehingga bisa mendukung tugas pokok satuan Para Raider dalam melaksanakan operasi lintas udara.

Latihan dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan prajurit, sekaligus mencetak atlet terjun payung Kostrad. Foto: Kostrad

Latihan dilaksanakan sejak 25 Oktober – 13 November 2021.

Materi yang diberikan terdiri dari Pengetahuan Peralatan Free Fall, Teknik Melipat Payung, Teknik Keluar Pesawat, Teknik Melayang, Teknik Kemudi/Mendarat dan Aplikasi Terjun.

Dalam Latihan AFF Brigif Para Raider 18/Trisula TA 2021, peserta melaksanakan latihan Teknik Melayang dengan memanfaatkan fasilitas wind tunnel yang dimiliki Divisi Infanteri 2 Kostrad.

Wind tunnel adalah proses pengenalan agar para peserta mendapatkan gambaran pelaksanaan saat melayang di udara.

Latihan AFF Brigif Para Raider 18/Trisula Kostrad TA 2021 menggunakan sistem Stage, dimana peserta latihan harus bisa melawati 9 Stage yang sudah ditentukan oleh Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dan Pusdiklat Kopassus sebagai syarat kelulusan latihan.

Latihan Acelerated Free Fall Brigif Para Raider 18/Trisula ditutup oleh Panglima Divisi Infanteri 2. Foto: Kostrad

Latihan ini menjadi sejarah bagi Divisi Infanteri 2 Kostrad khususnya Brigif Para Raider 18/Trisula Kostrad, dengan pertama kalinya menyelenggarakan Latihan AFF.

Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad menyampaikan ucapan selamat sekaligus rasa bangga atas keberhasilan Latihan AFF Brigif Para Raider 18/Trisula Kostrad TA 2021 yang telah melaksanakan latihan dengan lancar dan aman.

Pangdivif 2 Kostrad menyampaikan harapannya agar pengetahuan dan keterampilan teknik terjun bebas ini mampu diaplikasikan di satuan dalam melaksanakan infiltrasi ke daerah musuh melalui udara, dan juga dapat mencetak peterjun Kostrad yang andal.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply